Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Berjerawat

Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Berjerawat

Kulit yang diterpa jerawat, terutama wajah, memang menjadi salah satu hal yang sangat tidak diinginkan oleh hampir setiap orang, apalagi mereka yang sangat memperhatikan betul penampilannya, karena adanya jerawat akan mengurangi nilai penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut banyak dan kulit jadi memerah.

Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Berjerawat

Lantas bagaimana seharusnya sikap kita jika memiliki kulit yang berjerawat?? Langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat tersebut??

Yang perlu dilakukan ketika kulit berjerawat adalah melakukan perawatan dengan memanfaatkan es batu, salah satunya. Memanfaatkan es batu untuk perawatan kulit berjerawat cukup disarankan oleh para ahli. Sebab, sensasi dingin dari es batu terbukti membantu menurunkan sirkulasi darah di area kulit berjerawat sekaligus menenangkannya.

Baca Juga : Asupan Makanan Yang Bagus Untuk Kulit Kering

Cara memanfaatkan es batu untuk meredakan peradangan jerawat cukup mudah. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Sediakan es batu secukupnya dengan ukuran yang mudah digenggam.
  • Sediakan kain bersih bertekstur halus, gunakan untuk membungkus es batu.
  • Mulailah memijat wajah yang berjerawat dengan menggunakan es batu yang sudah dibungkus kain tadi. Lakukan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dengan gerakan memutar perlahan hingga kulit terasa kebas. Fokuskan pada area yang berjerawat, tapi jangan menekannya terlalu keras.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Selain degan melakukan perawatan tersebut, agar hasil perawatannya lebih maksimal, anda juga harus menerapkan beberapa hal berikut sebagai tips penunjangnya, antara lain :

  • Memperbanyak konsumsi air putih. Karena sifatnya yang ringan dan mudah diserap oleh tubuh, air putih mampu menghidrasi tubuh dan membantu mengeluarkan racun pemicu peradangan pada kulit akibat jerawat. Selain itu, air putih juga dapat mencegah kulit kekering yang merupakan penyebab kulit lebih rentan terhadap serangan bakteri. Batas minimal konsumsi air putih adalah 8 gelas/hari.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat, seperti makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi. Contohnya, gorengan dan minuman bersoda. Karena makanan-makanan itu dapat meningkatkan produktivitas kelenjar minyak di kulit. Semakin kulitmu berminyak, maka kotoran dan bakteri akan lebih mudah menempel di kulit dan mengakibatkan timbulnya jerawat.
  • Selalu membersihkan wajah dengan benar setiap selesai beraktivitas. Karena, jika tidak dibersihkan dengan benar, maka kotoran pembawa bakteri bisa menumpuk di kulit dan menyebabkan jerawat.

Itulah Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Berjerawat. Untuk itu, bagi anda yang memiliki masalah jerawat, perhatikanlah hal-hal tersebut, jangan sampai jerawat merusak penampilan anda.

Sumber: www.cleanandclear.co.id

Baca Juga : Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit

One thought on “Yang Harus Dilakukan Saat Kulit Berjerawat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *