Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Setelah berhasil menurunkan berat badan, masalah baru seperti kulit kendur harus anda hadapi. Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun berikut ini mungkin bisa membantu anda dan patut untuk anda coba. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun

Kulit yang kendur setelah berat badan turun ini secara estetika kurang sedap dipandang dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Kulit manusia diibaratkan seperi balon. Balon yang belum terisi udara terlihat kecil dan kencang. Namun, saat anda meniupnya, tekstur pada balon menyesuaikan dengan udara yang terisi. Setelah udara dikeluarkan, balon tidak bisa kembali ke bentuk semula. Karet pada balon akan melar dan mengendur.

Sama seperti balon, saat lemak pada tubuh berhasil disingkirkan, kulit yang mengembang tidak lagi mampu menyusut kembali. Semakin lama kulit ditarik, semakin kecil kemungkinan untuk kembali seperti semula. Namun, hal ini bukan sama sekali mustahil bagi kulit untuk pulih dan memperbaiki dirinya. Lalu, bagaimana cara mengencangkan kulit kendur setelah berat badan turun?

Kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali setelah kehilangan berat badan, seperti dikutip dari Healthline, tergantung pada beberapa faktor, seperti kualitas komponennya  (jumlah kolagen dan elastin yang dimiliki kulit), usia, genetik, sinar matahari, jumlah berat badan yang hilang, dan kebiasaan merokok.

Mengencangkan kulit setelah berat badan tentu bukanlah hal yang mudah dan dibutuhkan usaha dan kemauan dari diri kita sendiri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit setelah berat badan turun, yaitu :

  • Lakukan olahraga secara rutin

Untuk mengembalikan kulit yang kendur, lakukanlah olahraga secara rutin. Olahraga bermanfaat utnuk membentuk massa otot. Cara ini dapat dilakukan untuk semua usai. Selain membantu membakar kalori, olahraga yang rutin dapat memperbaiki tampilan kulit yang terlihat kendur. anda bisa melakukan olahraga angkat beban, pull up, push up, sit up, hingga jumping hacks.

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Lapisan terdalam kulit terdiri dari protein, termasuk kolagen dan elastin. Kolagen membentuk hingga 80% struktur kulit, memberikan teksturnya yang kenyal dan kuat. Sedangkan, elastin berperan menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Nutrisi tertentu penting untuk kolagen dan komponen kulit sehat lainnya, seperti protein, vitamin C, asam lemak omega-3, dan air.

  • Gunakan alat untuk mengencangkan kulit

Kalau kulit yang kendur dan bergelambir hanya ada di tempat tertentu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter mungkin akan menggunakan alat pengencang kulit yang menggunakan energi frekuensi inframerah atau ultrasound untuk memperbaiki masalah kulit yang anda miliki.

  • Operasi body contouring

Orang-orang yang kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan mungkin memerlukan perawatan lebih. Tidak cukup dengan olahraga dan mengonsumsi nutrisi tertentu bahkan menggunakan alat pengencang kulit saja. Untuk kasus ini, dibutuhkan tindakan body contouring.

Metode body countouring ini menargetkan area-area tubuh yang berlemak dan area kulit yang rentan bergelambir, seperti perut, pantat, pinggul, paha, punggung, wajah, dan lengan atas. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk semua kasus. Menurut dr. John Morton, presiden American Society for Metabolic and Bariatric Surgery, hanya sekitar 20% orang yang pernah mengalami obesitas menjalani body contouring ini.

Bagi orang-orang yang kehilangan berat badan dalam jumlah yang sedikit, kulit akan kembali dengan sendirinya. Namun, bagi orang-orang yang menurunkan berat badan dalam jumlah drastis harus berkonsultasi dengan dokter agar dapat menemukan perawatan mengembalikan kulit kendur dan penanganan medis dengan cara yang tepat. Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun di atas mungkin bisa menjadi solusi mudah dan aman. Semoga bisa membantu, dan selamat mencoba.

Posted by : Admin OBAT HERBAL PSORIASIS

 

Baca artikel menarik lainnya :

One thought on “Tips Mengencangkan Kulit Kendur Akibat Berat Badan Turun”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *