Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering

Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering

Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering

Kulit anda kering?? Khawatir penampilan anda tidak maksimal dengan tampilan kulit kering?? Jangan panik, karena ada perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering. Simaklah tips-tipsnya berikut ini !

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Kulit kering sering kali menampakkan retak-retak pada kulit. Hal itu jelas sangat mengganggu sekali terhadap penampilan anda, dan itu juga akan membuat kepercayaan diri jadi berkurang bahkan bisa sampai hilang sama sekali. Apalagi jika kulit kering muncul disertai gatal-gatal, kemerahan, dan kasar pada permukaan kulit. Komplit sudah masalah kulit yang dialami.

Apapun jenis kulitnya, perawatan jelas harus dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan kulit tetap terjaga dan kulit bisa menjadi nilai berharga yang membuat penampilan jadi terlihat bagus dan juga bernilai. Nah, untuk merawat kulit kering, tidak hanya sebatas tindakan perawatan kulit saja, tapi juga harus memperhatikan faktor di sekitar yang mempengaruhinya, seperti kondisi udara dan juga cara anda dalam memilih pakaian yang tepat.

Kulit kering bisa terjadi dikarenakan banyak faktor. Bisa karena cuaca, suhu yang panas, sinar matahari yang memapar, serta sabun dan detergen yang digunakan dalam mencuci pakaian. Selain itu, beberapa kondisi penyakit juga bisa mengakibatkan kulit jadi kering. Seperti penyakit eksim dan juga penyakit psoriasis. Faktor usia juga mempengaruhi. Usia tua dapat meningkatkan risiko kulit kering. Serta tinggal di lingkungan yang kering ataupun memiliki kelembapan yang rendah juga akan membuat kulit kering.

Dan berikut ini adalah beberapa tips perawatan untuk kulit kering yang bisa anda lakukan, antara lain :

1. Menghindari Mandi Air Panas

Mandi menggunakan air panas selalu menjadi opsi ketika cuaca tengah dingin atau ketika sedang sakit. Boleh-boleh saja sebenarnya, namun jangan terlalu sering saja. Jangan pula mandi dengan air yang terlalu panas. Sebab, air panas dapat mengurangi minyak di kulit dengan cepat. Padahal minyak tersebut merupakan pelembap alami.

Baca Juga : Memiliki Kulit Kusam? Begini Cara Mengatasinya!

Jika ingin mandi dengan air panas, sebaiknya air yang digunakan tidak terlalu panas tapi hangat. Pilihan yang lebih bijak mandi dengan air hangat. Namun meski begitu, jangan terlalu lama juga ketika mandi menggunakan air hangat, karena itu juga tidak baik. Batas waktu yang normal ketika mandi dengan air hangat adalah sekitar 5 sampai 10 menit saja. Setelah selesai mandi, keringkan badan dengan menepuk-nepukkan handuk dan jangan sampai kulit terlalu kering. Setelah itu, coba oleskan pelembap kulit pada seluruh tubuh.

2. Menggunakan Pembersih Bebas Aroma

Jika kulit anda kering, ada baiknya anda menggunakan sabun yang bebas aroma, zat aditif, antibakteri, alkohol dan deodoran. Sabun yang lembut yang telah ditambahi dengan minyak dan lemak merupakan pilihan yang tepat. Hindari juga dalam menggunakan pembersih wajah yang mengandung bahan yang keras, supaya kulit tidak tambah kering.

3. Menggunakan Tabir Surya dan juga Pelembap

Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 merupakan pilihan yang tepat untuk melindungi kulit kering dari paparan sinar matahari. Selain tabir surya, gunakan juga pelembap untuk melengkapinya. Dan dalam memilih pelembap yang tepat, sebaiknya pilih pelembab yang mengandung bahan-bahan ceramide yang tidak hanya melembapkan namun juga meredakan kulit kering, serta mengandung asam hialuronat yang akan membantu kulit dalam mempertahankan air. Kemudian kandungan petroleum jelly serta lanolin juga dapat membantu untuk mempertahankan air yang sebelumnya diserap kulit pada saat mandi.

4. Melakukan Perawatan di Malam Hari

Tidak hanya di siang hari saja, perawatan kulit juga diperlukan pada saat malam hari ketika akan tidur. Oleskan pelembap pada kulit lebih tebal daripada biasanya, sebelum tidur. Lamanya tidur malam juga akan memberikan waktu yang lebih panjang bagi pelembap untuk lebih meresap ke dalam kulit.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

5. Lindungi Kulit dari Udara Dingin

Suhu udara yang dingin dapat membuat kelembapan kulit jadi berkurang, dan pada akhirnya membuat kulit jadi kering. Untuk itu, ketika cuaca sedang dingin, sebaiknya anda selalu menggunakan pelembap untuk kulit, serta upayakan pula tubuh anda terlindungi dari dinginnya udara, dengan mengenakan baju yang lebih tebal ketika hendak keluar rumah. Bila perlu, gunakan juga pelindung tambahan, seperti kaos tangan, kaos kaki, dan juga topi.

6. Melakukan Pengelupasan atau Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit kering bertujuan untuk menganggkat dan menghilangkan kulit mati. Sehingga, pelembab yang digunakan bisa meresap dengan baik. Namun yang perlu diperhatikan juga adalah perbedaan cara pengelupasan kulit kering dengan jenis kulit lainnya.

Pengelupasan pada kulit kering harus dilakukan dengan lembut, dan juga menggunakan peralatan yang lembut, seperti dengan menggunakan kain lembut atau baking soda yang sudah diolah berbentuk pasta. Lakukan pengelupasan kulit setiap satu minggu sekali atau dua kali. Namun hindari menggunakan batu apung atau loofah, karena permukaannya terlalu kasar, dan peralatan tersebut juga sangat mungkin terdapat banyak kuman dan bakteri.

Jadi, itulah Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering. Lakukanlah perawatan terhadap kulit kering anda agar tetap sehat dan tidak membuat penampilan anda jadi berkurang, sehingga rasa percaya diri anda tetap terpupuk dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh percaya diri.

Baca Juga : Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering

One thought on “Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *