Penyebab Terjadinya Penuaan Pada Kulit

Penyebab Terjadinya Penuaan Pada Kulit

Penyebab Terjadinya Penuaan Pada Kulit

Tidak terasa tahun 2017 sudah memasuki bulan ke-3 lagi. Waktu terus berjalan, usia semakin bertambah tua, yang mana seiring dengan bertambahnya usia, maka kondisi kulit pun akan mengalami perubahan dan mulai mengalami penuaan. Faktor genetik serta gaya hidup yang berbeda-beda membuat masing-masing orang juga mengalami penuaan kulit yang berbeda-beda pula.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Pada usia kisaran 20 tahun hingga 30 tahun, tanda penuaan pada kulit wajah akan mulai bermunculan. Kerutan di sekitar mata, lipatan antara alis, adanya bintik-bintik pada wajah, perubahan warna kulit, serta kulit yang tampak kering dan terlihat lebih kusam. Pada saat masalah tersebut muncul, mayoritas wanita pasti akan mencari produk anti-aging, atau bahkan mungkin akan melakukan suntik botox agar masalah-masalah tersebut bisa teratasi.

Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan penuaan pada kulit??

Ada dua faktor yang sebenarnya menjadi penyebab penuaan pada kulit. Yaitu faktor ekstrinsik dan juga faktor instrinsik.

Faktor ekstrinsik yang menyebabkan penuaan pada kulit ini disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti buruknya asupan nutrisi terhadap tubuh, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, akibat polusi udara, merokok, atau akibat sering mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan. Sementara untuk faktor instrinsiknya, disebabkan oleh faktor genetik dan hormon seseorang, atau proses metabolism di dalam tubuhnya.

Sementara faktor lainnya yang juga menjadi pemicu terjadinya penuaan pada kulit adalah posisi tidur yang salah, gerakan wajah, serta adanya gaya gravitasi.

Masalah penuaan pada kulit ini menjadi salah satu masalah yang sangat serius di mata banyak orang, terutama pada wanita yang sangat memperhatikan betul akan penampilannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berusaha keras untuk mengatasi masalah penuaan pada kulit ini. Tidak heran memang, karena kebanyakan dari mereka selalu ingin tampil sempurna dan selalu terlihat cantik dan sehat.

Baca Juga : Bunda, Berhati-Hatilah Memandikan Bayi Baru Lahir

Tanda-tanda penuaan pada kulit akan bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Jika penuaan kulit disebabkan oleh faktor intrinsik, maka tanda-tanda pada umumnya yang terlihat adalah berupa kulit yang menipis dan rapuh, hilangnya Natural Moisturizing Factor (NMF), hilangnya jaringan kolagen dan elastin pada kulit yang membuat kulit jadi mengendur, kulit terasa kering dan kasar, serta kulit jadi lebih rentan mengalami lesi seperti tumor jinak.

Sementara itu, jika penuaan pada kulit disebabkan oleh faktor ekstrinsik, maka pada umumnya tanda-tanda yang akan muncul adalah terlihat adanya penebalan kulit, warna kulit yang terlihat berbeda atau mengalami perubahan, adanya kerutan yang dalam, serta kulit yang kering dan juga kasar.

Apa benar ada istilah kulit dehidrasi??

Kulit dehidrasi adalah kulit yang menjadi kering. Jadi, ketika kulit mengalami masalah penuaan, baik itu karena disebabkan oleh faktor ekstrinsik maupun karena faktor instrinsik, sama-sama akan membuat kulit menjadi kering atau disebut dehidrasi kulit. Seiring dengan usia yang terus bertambah, maka kulit seseorang juga cenderung akan menjadi lebih kering alias mengalami dehidrasi kulit. Kondisi tersebut berkaitan dengan jumlah NMF sebagai pelembap alami yang ada pada kulit. Jumlah NMF akan turut berkurang seiring bertambahnya usia. Padahal, NMF berfungsi untuk mengikat air dan mempertahankan hidrasi kulit supaya tidak mengalami kekeringan dan tidak kekurangan cairan.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dehidrasi pada kulit dari dalam tubuh adalah dengan mempertahankan jumlah NMF supaya tidak berkurang. Dan salah satu komponen pada NMF adalah elektrolit, yang memiliki peranan sangat vital dalam menjaga kelembapan kulit, antara lain fosfat, kalsium, magnesium, kalium, serta jenis elektrolit lainnya, yang menyusun sekitar 32% NMF.

Dalam sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kulit kering pada pasien dermatitis atopik dengan penurunan jumlah elektrolit pada NMF. Nah, maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa memperhatikan asupan cairan elektrolit untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit, maka dapat membantu produksi dari NMF untuk melindungi kulit anda tetap lembap.

Baca Juga : Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia

2 thoughts on “Penyebab Terjadinya Penuaan Pada Kulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *