Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat adalah ruam merah kecil dan gatal dapat terlihat dan dapat menyebabkan menyengat atau sensasi terbakar pada kulit. Biang keringat atau yang dikenal juga dengan sebutan ruam panas atau miliaria ini umumnya sering terjadi pada bayi. Namun meskipun begitu, pada orang dewasa juga bisa mengalami biang keringat, di saat sedang cuaca panas atau pada lingkungan yang suhunya lembap.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Biang keringat biasanya anda akan melihat beberapa hari setelah paparan Anda terpapar panas. Kondisi ini terjadi di mana saja di tubuh, tetapi dalam banyak kasus akan muncul di wajah, leher, punggung, dada dan paha. Biang keringat atau miliaria rubra penyebabnya adalah adanya sumbatan pada kelenjar keringat di kulit. Biasanya sumbatan tersebut terjadi ketika suhu sedang panas atau dalam kondisi yang lembap.

Jika anak anda atau anda sendiri menderita ruam atau bintik-bintik kemerahan pada kulit, maka itu bisa jadi merupakan biang keringat. Ruam akibat biang keringat biasanya akan terasa gatal-gatal, bahkan bisa terasa menusuk kulit.

Penyebab Biang Keringat

Penyebab biang keringat ini seperti telah disebutkan tadi, yaitu karena tersumbatnya saluran keringat hingga menyebabkan keringat terkumpul di bawah lapisan kulit. Penyumbatan tersebut terjadi karena dipicu oleh bakteri Staphylococcus epidermidis. Bakteri tersebut tidak berbahaya, dan memang biasanya hidup pada permukaan kulit. Bakteri tersebut juga tidak menyebabkan infeksi, akan tetapi bisa memicu penyumbatan pada saluran keringat. Dan penumpukan keringat tersebut mengakibatkan iritasi pada kulit serta munculnya ruam.

Biang keringat paling sering terjadi ketika suhu sedang panas atau dalam kondisi yang lembap. Ketika kulit tubuh yang ditutupi pakaian mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari biasanya, maka ketika itulah biang keringat sering terjadi. Dan biang keringat ini paling sering terjadi di wajah, leher, punggung, dada, dan juga paha.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Yang Sensitif

Yang Paling Beresiko Mengalami Biang Keringat

Biang keringat bisa terjadi dan dialami oleh siapa saja. Yang pasti, biang keringat ini sering terjadi pada saat cuaca sedang panas, kemudian tubuh banyak mengeluarkan keringat lebih dari biasanya. Namun meskipun begitu, beberapa orang memiliki resiko lebih untuk mengalami biang keringat jika berada dalam kondisi seperti berikut, antara lain :

  • Memiliki berat badan berlebih, sehingga tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat.
  • Ketika sedang sakit, yang membuatnya harus istirahat dalam waktu yang lama di tempat tidur tanpa bergerak dan tanpa mandi atau sekedar membersihkan tubuh.
  • Ketika kelenjar keringat belum terbentuk sempurna, yang mana kondisi ini terjadi pada bayi dan juga anak-anak.
  • Mengenakan pakaian berlapis-lapis. Apalagi ketika cuaca sedang panas.

Cara Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat

Biang keringat memang tidak menjadi bahaya bagi penderitanya. Namun, biang keringat ini merupakan masalah yang harus segera diatasi dengan baik, terutama jika terjadi pada anak-anak. Pasalnya, biang keringat yang terjadi pada anak sering membuat anak rewel karena merasa tidak nyaman.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah juga mengatasi biang keringat, antara lain :

  • Menggunakan pelembap kulit yang ada kandungan kalamin, atau menggunakan krim yang mengandung hidrokortison dengan kadar yang rendah untuk meringankan gejala ruam pada kulit. Keduanya bisa anda dapatkan di apotek atau toko obat lainnya.
  • Jika biang keringat terasa sangat mengganggu, maka biasanya dokter akan memberikan resep berupa tablet antihistamin untuk mengatasi gatal-gatal.
  • Untuk mengatasi bakteri pada biang keringat, gunakanlah sabun antiseptik atau antibakteri saat mandi.
  • Coba gunakan krim yang mengandung anhydrous lanolin, dengan cara dioleskan. Krim tersebut untuk membantu mencegah penyumbatan kelenjar keringat.
  • Kenakanlah pakaian atau baju yang terbuat dari katun yang longgar serta bisa menyerap keringat. Dan juga hindari mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan sintetis, seperti nilon atau polyester. Karena, pakaian dari bahan tersebut justru dapat memerangkap panas.
  • Ketika cuaca sedang panas, sebaiknya jangan membiarkan tubuh terlalu berkeringat. Contohnya dengan menyiasatinya dengan tidak keluar rumah atau berada dalam ruangan ber-AC atau kipas angin.
  • Jagalah kulit agar tetap kering dengan mandi teratur atau membasuh diri dengan air dingin.

Dengan melakukan beberapa cara yang mudah seperti di atas, maka anda bisa mencegah dan mengatasi biang keringat. Namun jika biang keringat sulit untuk dicegah dan diatasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Baca Juga : Dehidrasi Kulit Dapat Menyebabkan Penuaan Pada Kulit

One thought on “Mencegah dan Mengatasi Biang Keringat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *