Memiliki Kulit Kusam? Beginilah Cara Mengatasinya!

Memiliki Kulit Kusam? Beginilah Cara Mengatasinya!

Memiliki Kulit Kusam? Beginilah Cara Mengatasinya!

Masalah kesehatan kulit selalu menjadi masalah yang serius bagi setiap orang, apalagi bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilan. Masalah pada kulit akan mengurangi nilai penampilan seseorang, terlebih masalah yang terjadi muncul pada kulit yang secara umum mudah dilihat orang lain, seperti misalnya kulit wajah.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Salah satu masalah kulit yang menjadi masalah serius adalah masalah kulit kusam. Masalah ini sering kali mengganggu kepercayaan diri seseorang, terutama para wanita yang sangat memperhatikan betul akan penampilannya. Dan untuk mengatasinya pun seorang wanita biasanya akan senantiasa berusaha untuk melakukan berbagai macam cara mulai dari menggunakan beragam produk kecantikan, perawatan alami, bahkan sampai melakukan perawatan yang memerlukan biaya mahal.

Kulit kusam sebenarnya bisa saja dicegah, jika kita selalu menjaga dan merawat kesehatan kulit kita. Dan yang menyebabkan kulit kusam bisa beragam hal, mulai dari polusi udara, kurangnya asupan nutrisi, diet yang membuat berat badan turun kemudian naik secara bergantian, kulit yang lelah, dehidrasi, kurang istirahat/tidur, kurang berolahraga, merokok, stres, serta mengonsumsi minuman beralkohol.

Untuk mengatasi kulit kusam, sebenarnya tidak selalu harus dengan menggunakan produk perawatan yang mahal. Tapi cukup dengan melakukan pola hidup yang sehat, dengan menjaga kesehatan kulit agar tetap terawat. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kusam, diantaranya :

1. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu mengatasi kulit kusam, serta menjadikan kulit tampak lebih sehat.

Baca Juga : Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering

Buah yang bagus untuk mengatasi kulit kusam adalah yang mengandung vitamin C, karena kandungan vitamin C dapat melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat merusak kolagen dan sel kulit. Begitu juga dengan mengkonsumsi sayuran seperti bayam, kandungan yang terkandungnya dapat menjaga kolagen sehingga bisa membuat kulit tampak lebih sehat.

2. Minum Cukup Air

Air merupakan elemen penting bahkan terbesar dari komposisi tubuh manusia. Hampir semua reaksi di dalam tubuh memerlukan cairan. Cairan sangat dibutuhkan tubuh supaya metabolisme berjalan dengan baik, untuk menggantikan cairan yang hilang. Begitupun untuk kulit, air sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Tercukupinya air dalam tubuh akan menjaga kelembaban, kelembutan, serta elastisitas kulit akibat pengaruh suhu udara dari luar tubuh. Jadi, minum cukup air akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk mengatasi kulit kusam.

Minum cukup air membantu tubuh supaya tidak mengalami dehidrasi. Minum cukup air juga akan mempermudah tubuh dalam membuang racun dari dalam. Sehingga, kulit yang kusam akan tampak berkurang dan akan terlihat lebih sehat. Anjuran yang tepat minum air dalam sehari adalah 6 hingga 8 gelas air, untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat.

3. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang memiliki kebaikan terhadap kesehatan, namun tidak selamanya sinar matahari akan memberikan manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kulit. Terkena paparan sinar matahari pada waktu-waktu tertentu, serta terkena paparan sinar matahari secara berlebihan justru akan merusak kulit serta membuatnya jadi lebih kusam.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Selain dapat membuat kulit jadi kusam, sinar matahari juga dapat membuat warna kulit menjadi tidak merata. Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan tabir surya dengan kadar SPF 30, baik itu ketika sedang beraktifitas di luar ruangan, maupun ketika berada di dalam ruangan. Hal itu bertujuan untuk mencegah bahaya dari paparan sinar matahari yang masuk melalui kaca jendela.

4. Olahraga Secara Teratur

Salah satu pola hidup yang sehat adalah rajin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin dan teratur akan membantu membuat kulit tampak cerah, mengurangi kerutan, serta bebas dari kusam. Hal itu lantaran ketika berolahraga seperti aerobik, jantung akan memompa darah dengan kadar oksigen yang cukup untuk kulit. Selain itu, dengan berolahraga juga akan menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh yang bisa merusak kolagen pada kulit.

5. Menghindari Merokok

Merokok memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kesehatan kulit. Merokok memengaruhi tampilan kulit. Menyebabkan kulit kusam, kering, kasar dan dapat membuat kulit lebih cepat menua.

Beberapa tips di atas tersebutlah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit yang kusam. Jadi, untuk anda yang memiliki kulit yang kusam, beberapa tips di atas bisa anda aplikasikan sebagai solusi untuk mengatasi kulit kusam.

Baca Juga : Bunda, Beginilah Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

One thought on “Memiliki Kulit Kusam? Beginilah Cara Mengatasinya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *