Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering

Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering

Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit, di mana jenis kulit ini adalah sebuah kondisi kulit terdapat kekurangan cairan di lapisan terluar kulit. Dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan istilah xerosis atau xeroderma. Kulit kering bisa dialami oleh siapa saja, namun orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kondisi ini.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Selain kulit kering, jenis kulit manusia ada kulit normal, kulit berminyak dan kulit sensitif. Setiap jenis kulit tersebut memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, begitu juga dengan perawatan kulit kering. Dan untuk melakukan perawatan terhadap kulit, tidak harus selalu dengan menggunakan produk yang harganya mahal saja, karena dengan membuat produk sendiri dari bahan alami saja sudah cukup dan bisa memberikan perawatan terhadap kulit. Dan salah satu perawatan yang bisa anda buat dengan memanfaatkan bahan alami adalah masker wajah.

Ya, masker wajah yang terbuat dari bahan alami bisa anda manfaatkan untuk membantu melembapkan kulit anda yang kering. Dan beberapa masker alami berikut ini bisa anda buat sendiri dengan bahan alami yang tidak sulit didapatkan. Namun dalam pengaplikasiannya, masker wajah alami ini tetap harus di tes terlebih dahulu apakah cocok dengan kulit anda atau alergi. Karena walaupun terbuat dari bahan alami, tetap saja masker alami bisa menimbulkan alergi, kalau tidak cocok dengan kulit anda.

Dan berikut inilah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan oleh anda sebagai masker wajah alami untuk membantu melembapkan kulit wajah yang kering, diantaranya adalah :

1. Alpukat

Alpukat memang merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. Beberapa produk perawat kulit bahkan menggunakan alpukat sebagai bahan dasar pembuatannya. Banyak kandungan yang terdapat pada buah alpukat, yang mana kandungan-kandungan tersebut sangat bagus untuk kulit kering. Salah satunya adalah asam lemak poli tak jenuh tunggal sehat. Lemak tak jenuh tunggal ini bermanfaat untuk menjaga lapisan atas kulit menjadi lembab, sehingga menjadi lembut dan tampak sehat. Dengan manfaat tersebut, maka sangat bagus sekali menggunakan alpukat sebagai bahan masker wajah alami untuk kulit kering.

Baca Juga : Bunda, Beginilah Merawat Kulit Bayi Baru Lahir

Cara pembuatan masker wajah alami dari alpukat adalah, potong alpukat menjadi dua, kemudian ambil daging alpukat dari setengah porsi alpukat yang telah dibelah dua. Haluskan alpukat dengan campuran satu sendok teh minyak zaitun. Jika kulit yang anda miliki sangat kering, maka anda bisa menambahkan madu untuk melengkapinya.

Oleskan masker wajah alami alpukat tersebut dengan merata sampai ke seluruh wajah. Diamkan masker tersebut sekitar 15 hingga 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Dan untuk membuat kulit kering anda lebih lembap, anda juga bisa melengkapinya dengan menggunakan pelembap yang biasa dipakai setelah menggunakan masker alpukat tersebut.

2. Madu dan Minyak Zaitun

Madu memang merupakan minuman yang banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan tubuh, madu juga bagus untuk kesehatan kulit. Bahkan sudah banyak produk-produk perawatan kulit yang terdapat madu sebagai bahan dasar pembuatannya. Anda pun juga bisa membuat produk perawatan kulit berupa masker wajah dengan memanfaatkan madu.

Penggunaan madu sebagai masker wajah alami bisa anda manfaatkan secara langsung hanya dengan mengoleskan madu saja ke wajah selama beberapa menit. Kemudian setelah itu bilas dengan air hangat.

Dan selain itu, anda juga bisa mengkombinasikan madu dengan minyak zaitun. Salah satu jenis terbaik yang bagus adalah extra virgin olive oil. Cara meraciknya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu sendok teh minyak zaitun, serta dua sendok teh cuka apel. Aduk campuran tersebut, kemudian oleskan sebagai masker ke seluruh wajah. Diamkan masker alami tersebut sekitar 10 sampai 15 menit, setelah itu basuh dengan air hangat. Kemudian untuk mengeringkan wajahnya, cukup dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk yang bersih sampai kering. Jangan digosokkan dengan handuk.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

3. Oatmeal

Selain alpukat, madu dan minyak zaitun. Bahan lain yang bisa anda manfaatkan untuk membuat masker wajah alami adalah oatmeal. Karena oatmeal memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit, terutama untuk jenis kulit kering dan juga kulit sensitif.

Cara membuat masker wajah alami berbahan oatmeal adalah : buat adonan dengan mencampurkan oatmeal dengan sidikit air, kemudian aduk hingga menjadi seperti bubur. Selanjutnya, oleskan adonan oatmeal tersebut pada wajah yang sudah dibersihkan, sambil melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian biarkan masker wajah tersebut selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat, dan akhiri dengan membasuh wajah kembali, dengan menggunakan air dingin, agar pori-pori kembali kencang.

Lakukan perawatan masker wajah oatmeal ini paling tidak satu kali dalam satu minggu, dan rasakan khasiatnya pada wajah anda.

Selain sebagai masker wajah, anda juga bisa memanfaatkan oatmeal ini sebagai bahan untuk berendam guna melembapkan kulit kering pada bagian tubuh lainnya. Caranya yaitu dengan menambahkan satu cangkir oatmeal pada air mandi hangat.

4. Flax Seeds

Flax seeds adalah biji dari bunga flax (Linium Usitatissinum), yang tumbuh subur di Amerika dan Kanada. Bentuk dari flax seeds ini mirip dengan biji wijen, namun warnanya ada yang coklat tua dan ada juga yang keemasan. Di mana flax seeds yang berwarna keemasan jauh lebih baik daripada yang berwarna coklat, karena kandungan khasiatnya 20 sampai 25% lebih tinggi. Flax seeds mengandung asam lemak omega yang berlimpah.

Cara membuat masker dari flax seeds ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh flax seeds dan tambahan air secukupnya, hinga menutupi semua flax seeds. Biji-bijian flax seeds akan mengembang dan kemudian air di sekitarnya akan mengental. Nah, ari yang kental tersebutlah yang dimanfaatkan sebagai masker wajah alami, dengan mengoleskannya ke seluruh wajah. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air, kemudian saat mengeringkannya jangan dengan menggosokkan handuk, namun dengan menepuk-nepukan handuk ke wajah sampai wajah kering.

Jadi, itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan modal yang relatif murah dan mudah dibuat. Jadi, untuk melakukan perawatan terhadap kulit, tidak perlu dengan produk yang mahal, cukup dengan memanfaatkan bahan alami saja juga bisa.

Baca Juga : Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit

One thought on “Masker Wajah Yang Bagus Untuk Kulit Kering”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *