Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak

Penyakit kulit merupakan penyakit yang sangat sering kita temukan. Ada banyak jenis penyakit kulit, dan penyakit kulit ini juga bisa diderita oleh siapa saja, baik itu orang dewasa ataupun anak-anak. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita cenderung terserang penyakit kulit, karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Kemudian selain itu, beberapa masalah kulit lainnya juga berisiko diderita oleh anak-anak akibat bersentuhan dengan anak lain yang sudah menderita penyakit kulit oleh karena kuman atau bakteri tertentu. Selain itu, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak

Ada beberapa penyakit kulit yang sangat sering ditemukan pada anak-anak, diantaranya :

Ruam Popok (Diaper Dermatitis)

Ruam popok atau peradangan pada daerah yang tertutup oleh popok seperti bokong, dubur, serta alat kelamin. Penyakit ini ditengarai akibat kulit yang terlalu lama bersentuhan dengan air kencing dan tinja sang bayi. Ruam popok juga bisa disebabkan oleh air ataupun sisa sabun dalam popok yang bersentuhan dengan kulit terlalu lama. Penyakit ini merupakan bentuk dasar dari dermatitis kontak iritan, jadi jangan dianggap sepele.

Biang Keringat

Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit hingga keringat tidak dapat keluar. Akibatnya, muncul bintik-bintik seperti jerawat yang memenuhi bagian leher dan kepala. Pada kebanyakan kasus, penyakit ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Orang tua hanya harus memberkan pakaian yang nyaman pada anak agar penyakitnya tidak bertambah parah. Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Penyakit Cacar Air

Siapa yang tak kenal dengan penyakit yang satu ini. Ya, cacar air merupakan penyakit yang sangat umum diderita oleh anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Gejalanya ditandai dengan demam panas disertai ruam pada kulit. Ruam tersebut muncul dalam bentuk lepuhan (melepuh) seperti tetesan embun, bintik-bintik, dan koreng. Penyakit cacar air ini biasanya menyerang anak-anak  selama satu minggu dan bisa menular kepada anak yang lainnya dalam waktu cepat.

Penyakit Campak

Penyakit yang satu ini juga merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dijumpai pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar dengan cepat. Bahkan penyakit campak ini juga dapat mengakibatkan komplikasi yang sangat serius pada anak-anak, seperti pneumonia (radang paru-paru).

Penyakit Impetigo

Penyakit kulit yang satu ini memang tidak banyak orang tahu dan tidak mudah pula untuk dikenali. Hal ini dikarenakan penyakit impetigo hampir sama dengan penyakit infeksi kulit lainnya seperti selulitis dan kurap. Penyakit impetigo sendiri disebabkan oleh bakteri, umumnya menyerang daerah sekitar mulut dan hidung. Ciri-ciri penyakit ini adalah muncul ruam yang mengeluarkan air, melepuh, dan berwarna merah, kemudian lama-kelamaan bisa berubah menjadi kerak berwarna kekuningan. Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Penyakit Eksim

Penyakit yang memiliki nama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak dan juga pada orang dewasa. Eksim adalah jenis penyakit kulit kronis dan sering kambuh dengan tiba-tiba, namun kemudian mereda. Bahkan pada sebagian kasus, penyakit eksim juga bisa disertai dengan asma atau sesak nafas.

Kerak Kepala Bayi (Cradle Cap)

Gangguan ini merupakan kondisi yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir hingga bayi yang usia 3 tahun. Gejalanya adalah adanya sisik putih atau kuning yang tebal pada permukaan kulit kepala. Dalam dunia medis, gangguan ini disebut cradle cap atau yang umum disebut dermatitis seboroik. Yang mana pada orang dewasa, gangguan ini biasa disebut sebagai ketombe. Meskipun jarang terjadi, gangguan ini terkadang bisa terjadi di beberapa bagian tubuh lain, seperti pada alis, kelopak mata, telinga, lipatan hidung, belakang leher, atau ketiak. Bahkan pada sebagian kasus, penyakit ini bisa menyebabkan kulit menjadi terbelah dan mengeluarkan cairan kuning.

Penyakit Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh virus HPV alias human pappilloma virus. Ada banyak sekali sebenarnya jenis dari virus HPV ini, lebih dari 60 jenis, namun hanya sebagian jenis saja yang cenderung menyebabkan tumbuhnya kutil pada kulit. Virus HPV akan merangsang pertumbuhan sel-sel pada lapisan luar kulit dengan cepat hingga menumbuhkan kutil.

Itulah Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak. Jangan panik jika anak anda menderita salah satu penyakit kulit di atas. Segera konsultasikan kepada dokter anak untuk mendapatkan solusinya.

Semoga informasinya dapat bermanfaat, aamiin…

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

2 thoughts on “Jenis-Jenis Penyakit Kulit Yang Menyerang Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *