Inilah Penyebab Keloid dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Keloid dan Cara Mengatasinya

Inilah Penyebab Keloid dan Cara Mengatasinya

Keloid adalah tampilan yang berani dengan warna yang bertentangan dengan kulit disekitarnya dan yang cukup tidak nyaman adalah jenis luka. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara spesifik yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghapusnya.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Biasanya, saat Anda terluka, atau bila jaringan parut fibrotik terbentuk pada luka dan kulit sudah diperbaiki. Sampai menebal Namun, di keloid, jaringan pun berkembang. Jaringan parut keloid tumbuh di daerah manapun, tapi biasanya bisa terbentuk di bahu, leher, kepala daerah.

Keloid tidak dialami oleh orang yang umumnya memiliki kulit gelap, namun mereka tidak berkulit terang, mereka tidak dapat mengalami pembentukan keloid. Umumnya keloid terjadi antara usia 10 sampai 20 tahun ini.

Luka Apa Saja yang Dapat Menjadi Penyebab Keloid?

Keloid biasanya terjadi pada orang berusia antara 10 dan 20 tahun ini. Munculnya keloid dapat disebabkan oleh berbagai metode seperti jaringan parut seperti luka bakar yang tertusuk, bekas jerawat, bekas luka ditandai injeksi vaksinasi, sayatan, luka seperti luka dan goresan kuku.

Bagaimana Cara Mengatasi Keloid?

Tentu saja, orang yang telah terganggu oleh bentuk keloid ingin menghilangkannya. Cobalah untuk melakukan beberapa cara mengatasi keloid di bawah ini.

  • Operasi

Jika Anda memilih operasi untuk menghilangkan keloid, dokter memotong keloid, lalu menyuntikkan steroid ke dalam potongan keloid. Caranya, yang satu ini memiliki keloid dan risiko lainnya yang timbul dari pemotongan keloid besar. Dokter dapat menggunakan radiasi atau suntikan steroid intralesi, misalnya menggabungkan operasi dengan tindakan lain untuk meminimalkan risiko tersebut.

Baca Juga : Rawatlah Kuku dengan Baik Agar Terlihat Cantik !

  • Suntikan kortison (steroid intralesi)

Suntikan kortison secara teratur diberikan pada keloid sebulan sekali sampai keloid mengempis. Metode ini aman dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, suntikan ini, karena merangsang bagian pembuluh darah superfisial, meninggalkan warna kemerahan, keloid bisa muat. Selain itu, jika suntikan mencapai hasil maksimal, bekas luka pada kulit tetap terlihat berbeda dari bagian kulit lainnya. Inilah Penyebab Keloid dan Cara Mengatasinya.

  • Cryotherapy

Cara yang dilakukan adalah menggunakan cairan cair pembeku keloid. Prosedur ini bisa mengembalikan keloid, tapi biasanya akan meninggalkan bekas luka gelap di permukaan kulit.

  • Laser

Laser dapat membantu meratakan keloid dan membuatnya ketika warna merah menjadi lebih ringan. Namun, metode ini mahal dan perlu dilakukan beberapa kali.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

  • Radiasi

Bagaimana menangani keloid radiasi Beberapa dokter bersikeras sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi keloid secara memadai dengan aman.

  • Lembaran silikon

Dengan cara ini Anda menggunakan gel silikon yang dibungkus kulit luka selama beberapa jam sehari dan menggunakannya untuk beberapa bulan.

  • Suntikan Fluorouracil

Suntikan kemoterapi digunakan cukup sering untuk pengobatan keloid dan bisa disuntik dengan steroid, atau sama sekali steroid.

  • Interferon

Intereferon sebenarnya adalah protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh yang secara alami mengusir bakteri dan virus. Anda melakukan ini dengan memberi Imiquimod topikal (salep) yang merangsang produksi interferon dalam tubuh. Bisa keloid terbatas, namun masih belum diketahui apakah metode ini bisa memberi hasil permanen.

Untuk menghilangkan keloid dan mengembalikan kepercayaan, Anda dapat memilih beberapa hal di atas dengan konsultasi dokter tetap dengan dokter Anda.

Baca Juga : Kurang Percaya Diri Akibat Kulit Wajah Kering

One thought on “Inilah Penyebab Keloid dan Cara Mengatasinya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *