Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kulit Jadi Kusam

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kulit Jadi Kusam

Memiliki kulit kusam tentunya sangat tidak di inginkan oleh semua orang, terutama wanita yang sangat memperhatikan sekali masalah penampilan terutama di bagian wajah. Percaya atau tidak, memiliki kulit yang kusam dapat mengganggu bahkan memperburuk penampilan. Akibatnya kita pun akan merasa minder atau kurang percaya diri dalam bergaul atau tampil dihadapan banyak orang dalam keramaian. Wajah yang kusam akan tampak lebih tua, terlihat seperti wajah tidak pernah mendapatkan perawatan.

Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kulit Jadi Kusam

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit jadi kusam, diantaranya :

Tidak Pernah atau Kurang Melakukan Eksfoliasi (Pengelupasan)

Mencuci muka dua kali sehari mungkin dirasa cukup untuk melindungi kulit. Namun, ada satu langkah penting yang harus ditambahkan, yaitu eksfoliasi atau pengelupasan. Berdasarkan penelitian seorang dermatologis di Wexler Dermatology, Dr Kenneth Howe, penyebab paling umum dari kulit kusam adalah kekeringan. Kulit kering harus mengelupas, sehingga menghasilkan kulit yang segar dan cerah. Eksfoliasi juga dapat membuat kulit menyerap lebih baik produk yang diaplikasikan kepadanya.

Baca Juga : Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit

Kurang Kelembapan

Setelah melakukan eksfoliasi atau pengelupasan, maka kulit baru akan memerlukan kelembapan. Proses ini terjadi pada lapisan mikroskopis, lapisan yang biasanya mengalami keretakan atau kusam. Beberapa ahli kulit menyarankan untuk memakai pelembap dengan bahan-bahan seperti ceramides. Ceramides dapat membantu memperbaiki fungsi kulit, meningkatkan kadar air, dan asam hyaluronic, yang dapat menyebarkan air ke jaringan di sekitarnya.

Kurang Minum Air

Dehidrasi bisa mempengaruhi kulit, karena dapat menurunkan volume aliran darah ke kulit, yang mana hal itu akan membuat anda terlihat pucat dan sakit-sakitan. Dehidrasi juga merupakan masalah kulit jangka panjang, yang membuat kulit kehilangan asupan air yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil kulit sehat abadi.

Stres

Stres menyebabkan peningkatan kortisol, yang mempengaruhi aliran darah ke kulit dan memperbaiki kulit. Rasa marah, frustasi, kecewa, apapun bentuknya, hal itu dapat menjadi pembatas antara anda dan kulit bersinar yang diinginkan.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Kurang Tidur

Tidur merupakan saat di mana sel kulit memperbaiki diri dan regenerasi. Jika kurang tidur, sel kulit tidak dapat tampil optimal. Hal ini dapat menyebabkan perubahan peredaran darah, seperti lingkaran mata menjadi gelap, kulit pucat, kering, bersisik, dan perubahan produksi minyak, serta pengelupasan kulit.

Lingkungan Yang Kotor

Lingkungan yang kotor, seperti polusi udara dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang tidak terlindungi. Selain itu, kelembaban udara yang rendah dan angin juga merupakan masalah bagi kulit. Jika anda hidup di daerah dengan tingkat asap yang tinggi, beberapa latihan olahraga dapat melawan efek dari lingkungan tersebut.

Merokok

Masalah kulit yang disebabkan oleh rokok dapat terjadi dalam jangka panjang dan jangka pendek. Zat karsinogenik dalam rokok sangat merugikan integritas dan struktur kulit. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen, membuat kulit tampak pucat, dan keriput.

Baca Juga : Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering

Make-Up Yang Salah

Make-Up yang menyebabkan kulit semakin kering adalah salah satu penyebab kulit kusam. Selain itu, anda juga dianjurkan untuk tidak menggunakan cairan pembersih wajah yang mengandung alkohol. Cobalah untuk mencari cairan pembersih wajah yang dapat menghapus riasan dan melembabkan wajah di waktu bersamaan.

Kurang Mengkonsumsi Makanan Sehat

Apa yang anda konsumsi akan tercermin melalui kulit. Jika tujuannya adalah menghasilkan kulit bersinar, jauhilah makanan asin dan gorengan. Makanan tersebut meningkatkan pembengkakan jaringan melalui retensi cairan. Beberapa ahli diet menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan-bahan yang tinggi gula dan lemak, antioksida, protein berkualitas tinggi, asam lemak esensial, dan tanpa serat. Banyak makanan yang dapat menyenangkan perut sekaligus kulit Anda, beberapa di antaranya adalah blueberry, cranberry, dan kacang merah. Sedangkan alpukat, kenari, jeruk, dan kiwi dapat meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit kusam. Semoga informasinya dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.lifestyle.liputan6.com

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

2 thoughts on “Inilah Faktor Yang Menyebabkan Kulit Jadi Kusam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *