Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering

Jenis kulit umumnya dibedakan menjadi kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif. Sebagian orang juga memiliki kombinasi jenis kulit pada area tubuh yang berbeda. Jenis kulit juga bisa berubah seiring dengan bertambahnya usia, perubahan lingkungan tempat tinggal, pergantian cuaca, dan atau pengaruh penyakit. Dan pada kesempatan ini kami akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering !

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering

Kulit kering adalah kondisi kulit di mana terdapat kekurangan cairan di lapisan terluar kulit. Bagian tubuh yang terbuka, seperti lengan, tangan, dan kaki adalah area yang paling rentan mengalami gangguan ini. Dalam dunia medis, kulit kering disebut dengan xerosis atau xeroderma. Kondisi ini bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, bergantung pada kondisi kesehatan, tempat tinggal, lama waktu di ruangan terbuka, serta usia. Orang-orang lanjut usia lebih rentan mengalami kulit kering.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Sel Kulit Mati Pada Wajah

Pada beberapa orang, kulit kering dialami sepanjang hidup mereka. Namun bagi beberapa orang lainnya hanya mengalami sementara pada waktu-waktu tertentu pada kondisi-kondisi yang telah disebutkan di atas. Gejala kulit kering yang sering muncul adalah permukaan kulit yang terasa dan terlihat kasar. Selain itu, pemilik kulit kering akan mendapati kulitnya terasa kencang atau kaku saat mandi, setelah mandi, atau saat berenang. Kemerahan dan rasa gatal juga biasa muncul. Gejala lain yang sering muncul adalah terdapat retakan atau garis-garis halus pada kulit. Kulit juga kemungkinan akan memiliki sisik dan atau mengelupas. Dalam kondisi yang lebih parah, terdapat retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Dan berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kulit kering, antara lain :

1. Udara Kering

Faktor utama penyebab kulit kering dan bersisik adalah udara kering, kondisi alam yang memang tidak bisa dikendalikan manusia. Udara kering merupakan kondisi di mana suhu udara cukup rendah disertai dengan intensitas angin yang sangat tinggi. Bila orang terlalu lama bekerja di luar rumah atau kantor, maka berpotensi memiliki kulit kering. Sebab, keadaan tersebut secara langsung akan mengurangi kadar kelembaban pada kulit. Padahal kulit membutuhkan sekitar 60% kelembaban agar tetap segar.

Jika anda menghadapi udara kering, cobalah sesedikit mungkin mengurangi kegiatan di luar ruangan. Namun, jika anda memang harus melakukan kegiatan di luar ruangan karena tuntutan pekerjaan atau karena alasan lainnya, maka sebaiknya kenakanlah baju dengan lengan panjang atau jaket. Mengenakan masker pelindung juga penting untuk menjaga wajah tetap lembab dan tidak terkikis selama berada di bawah teriknya matahari.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

2. Air Panas

Air panas memang sangat baik untuk terapi. Akan tetapi, air panas juga tidak baik untuk kelembaban kulit, karena ternyata dapat menghilangkan minyak alami yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, kulit jadi kering dan cepat terkikis. Penggunaan air panas yang tidak higienis juga menyebabkan efek gatal-gatal. Bila dibiarkan terlalu lama, bisa menjadi penyakit kulit yang serius. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak memakai air hangat ketika mandi. Namun, jika sudah terbiasa menggunakannya, sebaiknya, tidak mandi lebih dari 10 menit. Setelah selesai mandi, langsung keringkan tubuh dengan handuk supaya air tersebut tidak banyak membuang minyak pada tubuh. Begitupun pada saat menggunakan air hangat dalam perawatan wajah. Hindari pemakaian air panas untuk menjaga kelembaban wajah.

3. Sabun

Sabun juga merupakan salah satu penyebab kulit kering dan kusam. Namun, tidak semua jenis sabun berpotensi demikian. Sabun yang dimaksud hanyalah sabun yang mengandung bahan parfum. Aroma parfum yang terdapat di dalamnya memang menjaga tubuh tetap wangi selama beraktivitas. Namun, itu justru akan merusak jaringan kulit yang sehat. Anda bisa memilih sabun bayi sebagai pilihannya, karena sabun tersebut khusus diciptakan untuk perawatan kulit bayi yang masih rentan penyakit dan butuh kandungan nutrisi dan mineral dari luar.

Baca Juga : Awas, Merkuri Pada Pemutih Kulit Berbahaya!!!

4. Pakaian

Pakaian juga merupakan salah satu faktor penyebab kulit kering dan bersisik. Pakaian yang yang terlalu ketat adalah yang menyebabkan kulit kering. Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat secara langsung akan menggesek kulit anda dalam beberapa waktu. Jika sering digunakan, maka justru akan membahayakan kesehatan kulit. Seorang dokter pun mengatakan bahwa kita perlu mengganti pakaian yang cukup ketat dengan pakaian yang pas atau longgar sedikit. Selain enak dipandang, pakaian tersebut mampu menjaga tubuh dari kemungkinan kulit yang menjadi kering dan bahkan bersisik.

5. Kondisi Medis

Selain faktor alam dan juga gaya hidup, kulit kering juga bisa disebabkan oleh kondisi medis. Misalnya penyakit eksim, yang dapat menyebabkan kulit lebih kering dan kasar. Hal tersebut merupakan kondisi kesehatan seseorang yang tidak bisa dihindari, tapi bisa diobati

6. Obat-Obatan

Beberapa obat memang dapat menyebabkan kulit kering, kusam, bahkan gatal-gatal. Bahkan beberapa diantaranya dapat menimbulkan masalah kulit yang lebih serius. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih obat. Agar lebih aman, anda bisa memilih obat herbal sebagai pilihan untuk mengatasi masalah kesehatan atau penyakit.

Itulah beberapa faktor penyebab kulit kering. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat, aamiin…

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

One thought on “Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *