Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit

Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit

Sekilas pemilihan air yang akan dihunakan untuk mandi tidak menjadi masalah terhadap kesehatan kulit. Namun ternyata, air atau lebih tepatnya itu suhu air memiliki pengaruh atau dampak pada kesehatan kulit saat kita menggunakannya untuk mandi. Air dengan suhu ruangan merupakan pilihan terbaik untuk penggunaan sehari-hari, namun itu bukan berarti air panas dan air dingin tidak bermanfaat untuk kulit. Simaklah ulasannya berikut ini !

Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

1. Penggunaan Air Panas Untuk Kulit dan Tubuh

Saat tengah merasa letih, penggunaan air panas untuk mandi umumnya menjadi pilihan. Mandi dengan air panas akan menimbulkan rasa relaks/tenang, karena terjadinya vasodilatasi (pelebaran) pembuluh darah pada kulit. Hal itu tentu membawa manfaat apabila dilakukan sesekali. Namun, penggunaan air panas secara rutin untuk kulit tidak dianjurkan, karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada di permukaan kulit. Akibatnya, kulit akan terasa kering, kasar, dan gatal. Selain itu, penggunaan air panas dapat merangsang pelebaran pembuluh darah kulit sehingga kulit yang tengah mengalami peradangan akan tampak lebih merah.

2. Penggunaan Air Dingin Untuk Kulit dan Tubuh

Anda mungkin sering mendengar bahwa penggunaan air dingin dapat mengecilkan pori-pori kulit. Dan ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Pori-pori akan membesar jika di dalamnya terjadi sumbatan, misalnya komedo. Sebaliknya, pori-pori umumnya tidak tampak apabila regenerasi sel kulit di dalamnya teratur. Namun, penggunaan air dingin memang dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah pada kulit, sehingga kemerahan pada kulit akan berkurang dan sensasi rasa kencang sesudahnya akan timbul. Penggunaan air dingin baik dilakukan terutama bila kulit sedang meradang.

Baca Juga : Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kulit Kering

3. Penggunaan Air Suhu Ruangan Untuk Kulit

Untuk merawat kulit dengan baik, gunakanlah air dengan suhu ruangan sesering mungkin. Dan jika anda terbiasa menggunakan air panas, mulailah untuk mengganti dengan air hangat kuku lalu secara bertahap menjadi air dengan suhu ruangan. Jangan lupa, untuk selalu menggunakan sabun ringan dengan PH yang seimbang saat membersihkan kulit, disertai dengan penggunaan pelembab secara teratur.

Itulah Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit dan kesehatannya. Jadi, mulai sekarang anda sudah tahu mana yang lebih bagus untuk kulit. Semoga informasinya dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.imperialleather.co.id

Baca Juga : Tips Menghilangkan Sel Kulit Mati Pada Wajah

One thought on “Dampak Air Panas dan Dingin Terhadap Kulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *