Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pori-pori adalah pembukaan kantong kelenjar atau folikel ke permukaan kulit. Pori-pori merupakan sebuah rongga kecil yang menjadi akses pernapasan bagi kulit. Dengan adanya pori-pori, kulit dapat melakukan proses metabolisme serta regenerasi dengan mudah. Pori-pori berfungsi sebagai jalan untuk keluarnya minyak serta tumbuhnya rambut.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Pada pori-pori ada satu masalah yang kerap kali membuat risih setiap orang, yaitu masalah pori-pori besar. Ya, pori-pori yang besar memang menjadi salah satu masalah yang kerap kali dirisihkan oleh banyak orang. Dikatakan besar apabila pori-porinya berukuran lebih besar dari kantong kelenjar rambut pada umumnya. Pori-pori besar biasanya sering ditemukan pada kulit wajah, terutama pada kulit yang ada di sekitar hidung dan pipi yang juga menjadi salah satu penyebab tumbuhnya komedo dan jerawat.

Sebenarnya, pori-pori sangat diperlukan oleh kulit, yaitu untuk mengeluarkan keringat dan juga minyak yang ada pada permukaan kulit. Dalam kulit yang sehat, pori-pori kulit tidak akan begitu terlihat jelas. Berbeda dengan pori-pori tersumbat, secara kasat mata saja akan terlihat jelas tampak membesar. Pori-pori yang tampak besar tersebut biasanya akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang mudah untuk mengecilkan pori-pori yang bisa anda coba, agar kulit wajah tampak lebih cantik tanpa terlihat pori-pori yang besar. Cara berikut ini sangat aman tanpa merusak kulit. Diantaranya :

1. Pembersih Alami

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori kulit adalah dengan menggunakan pembersih makeup alami. Namun jangan lupa untuk berhati-hati dengan kandungan bahan kimia pada produk pembersih wajah, karena bahan kimia justru dapat membuat kulit semakin kering. Bahkan busa dan aroma yang ada pada pembersih wajah dapat mengakibatkan peradangan pada kulit.

Setelah menggunakan pembersih wajah, selanjutnya cuci wajah dengan menggunakan air hangat (bukan air panas). Kemudian keringkan wajah dengan menepuk-nepukkan handuk yang lembut. Jangan pernah menggosokkan handuk ke wajah, karena itu justru akan membuat kulit jadi rusak, terutama pada jenis kulit sensitif. Akhiri dengan menggunakan pelembap untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah, serta sekaligus untuk memperkecil pori-pori kulit.

Baca Juga : Menggali Lebih Dalam Seputar Mitos Kesehatan Kulit

2. Pengelupas Kulit

Melakukan pengelupasan kulit merupakan cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori yang besar. Dan exfoliant menjadi salah satu cara pengelupasan kulit yang bisa anda lakukan. Cara ini adalah dengan menggunakan scrub. Dan salah satu pengelupas alami yang bagus adalah scrub alami yang terbuat dari perpaduan teh hijau, madu, dan gula halus.

Selain dengan scrub alami, exfoliant juga dengan menggunakan produk pengelupas lain dalam bentuk krim, gel, atau pembersih kulit yang bisa didapatkan dengan mudah di toko kosmetik atau lainnya. Dan jangan lupa untuk mengikuti aturan pakai yang ada pada produk tersebut. Kemudian akhiri perawatan tersebut dengan menggunakan pelembap.

3. Masker Tanah Liat

Tanah liat juga bisa dimanfaatkan sebagai masker, dengan mengoleskannya pada wajah setelah wajah terlebih dahulu dibersihkan. Tapi sebelumnya, alangkah baiknya untuk mencoba mengoleskan dulu pada area terbatas untuk melihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi negatif, maka bisa dilanjutkan cara tersebut dengan mengoleskan pada seluruh wajah.

Fokuskan masker tanah liat tersebut pada bagian kulit yang tampak pori-pori besar. Biarkanlah selama kurang lebih 15 menit atau selama waktu yang tertera pada kemasan produk. Kemudian cuci wajah dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan menepuk-nepukkan handuk pada wajah.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Masker wajah ini bertujuan untuk mengecilkan pori-pori dengan cara mengangkat kotoran yang ada di pori-pori, serta untuk mengurangi peradangan pada kulit, sehingga membuat pori-pori akan terlihat lebih kecil. Selain masker tanah liat, anda juga bisa menggunakan masker alami dari yogurt yang dibuat sendiri.

4. Menyamarkan Pori-Pori dengan Riasan

Dibersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan moisturizer untuk mencegah terjadinya iritasi dan peradangan yang akan beresiko mengakibatka pori-pori jadi terlihat besar. Lalu selanjutnya, oleskan pelembab dengan warna yang sesuai dengan warna kulit. Gunakan juga concealer untuk menyamarkan pori-pori dengan lebih sempurna. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan riasan tersebut di akhir hari, supaya makeup tidak beresiko menyumbat pori-pori.

Selain dengan cara di atas, anda juga bisa melakukan beberapa upaya pendukung untuk mengecilkan pori-pori kulit, diantaranya :

  • Mencuci wajah dengan air dingin setelah membilasnya dengan air hangat.
  • Mengkonsumsi cukup air minum supaya kulit tidak kering.
  • Kurangi kebiasaan dalam menggunakan penghilang komedo, karena itu justru akan membuat pori-pori jadi tampak lebih besar.
  • Hindari terlalu sering mengoleskan scrub.
  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, setiap hari. Baca Juga : Bahaya Sinar Ultraviolet Terhadap Kulit dan Kesehatan
  • Terpapar sinar matahari secara berlebihan akan membuat kulit menjadi lebih kasar dan juga membuat pori-pori tampak lebih besar. Sebaiknya, kenakan topi dan kacamata hitam ketika beraktivitas di luar rumah.
  • Hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Pilihlah produk dengan label noncomedogenic, yang berarti tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, produk yang mengandung lavender atau rosemary dapat mengurangi pembesaran pori-pori. Sementara produk yang mengandung magnesium dan zinc akan membantu membersihkan pori-pori serta menjaga keseimbangan minyak pada kulit.
  • Selalu menjaga kebersihan kulit dengan rutin serta teratur membersihkannya setiap hari, karena itu bisa membantu mencegah penyumbatan pori-pori.
  • Kurangi mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti gorengan, permen, serta kue yang kadar lemaknya tinggi, karena itu dapat menyumbat pori-pori. Sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
  • Biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan atau mengoleskan sesuatu pada wajah.
  • Untuk lebih cepatnya, anda bisa mengecilkan pori-pori dengan mikro dermabrasi untuk mengangkat lapisan kulit mati. Namun itu diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Jadi, itulah beberapa Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit yang cukup sederhana sekali dan bisa anda lakukan dengan mudah, asalkan selalu ada kemauan dan keinginan untuk melakukannya.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

One thought on “Cara Aman Mengecilkan Pori-Pori Kulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *