Bunda, Berhati-Hatilah Memandikan Bayi Baru Lahir

Bunda, Berhati-Hatilah Memandikan Bayi Baru Lahir

Bunda, Berhati-Hatilah Memandikan Bayi Baru Lahir

Terasa lengkap rasanya ketika dalam sebuah ikatan rumah tangga dikaruniai oleh seorang anak. Apalagi ketika masih bayi yang baru lahir, kebahagian tersebut biasanya akan terasa sangat besar sekali. Namun, yang perlu diperhatikan adalah dalam merawat bayi baru lahir, terutama dalam hal memandikannya. Bunda tidak bisa asal-asalan memandikan bayi baru lahir. Ada beberapa pedoman untuk bunda dalam memandikan bayi baru lahir. Simaklah ulasan selengkapnya berikut ini !

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Memandikan bayi yang baru lahir merupakan momen yang cukup krusial. Pasalnya, di usia yang sangat kecil kisaran 0-3 bulan, kulit bayi yang baru lahir masih sangat rentan terkena iritasi dan pengelupasan, sehingga dbutuhkan perlakuan yang khusus, terutama saat memandikannya. Hal tersebut bahkan tak jarang membuat sebagian bunda sengaja tidak memandikan bayinya selama beberapa hari, dikarenakan alasan belum waktunya dimandikan. Padahal sebenarnya, menurut para dokter, bayi yang baru lahir sudah bisa dimandikan sejak mereka dibawa pulang dari rumah sakit.

Selain membiarkannya tidak dimandikan, bunda juga sering kebingungan mengenai temperatur yang tepat untuk bayi yang baru lahir. Air yang bagus dan tepat untuk digunakan memandikan bayi baru lahir adalah air hangat kuku, yaitu tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Biasanya, suhu air yang dianggap aman berkisar antara 37-38 derajat Celsius. Jika tidak ada thermometer untuk menguruk suhu airnya, sebaiknya gunakan saja siku daripada telapak tangan untuk mengukurnya.

Hal yang juga perlu diperhatikan ketika memandikan bayi baru lahir adalah mencegahnya menelan air mandi. Sebab, jika hal itu terjadi, maka si kecil kemungkinan akan mengalami gastroenteritis atau diare, karena mereka masih sangat rentan terhadap bakteri dan juga virus. Dan untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya celupkan si kecil ke dalam bak air dengan perlahan-lahan.

Sementara itu, idealnya memandikan bayi baru lahir adalah 2-3 kali dalam seminggu. Bunda juga bisa memandikannya tiap hari, apalagi jika si kecil selalu menikmati saat-saat tersebut. Namun yang perlu diingat adalah bunda juga harus memperhatikan kualitas air yang digunakannya. Sebab, kualitas air yang digunakan untuk memandikan si kecil juga akan mempengaruhi kesehatan kulit mereka.

Baca Juga : Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia

Tidak Perlu Terlalu Khawatir Memandikan Bayi Baru Lahir

Salah satu hal yang membuat bunda khawatir dalam memandikan si kecil adalah adanya beberaka kondisi khusus pada bayi, seperti :

Belum Putus Tali Pusar

Ketika bayi baru lahir belum putus tali pusarnya, hal ini menjadi satu kekhawatiran bagi bunda saat ingin memandikannya. Namun bunda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Cara memandikan si kecil yang belum putus tali pusarnya yang aman adalah dengan menggunakan spons atau bisa juga handuk kecil yang dibasahi dengan air hangat. Usapkan dengan perlahan-lahan ke seluruh bagian tubuh si kecil secara merata. Berikan perhatian lebih pada daerah lipatan kulit, seperti sekitar leher, bawah lengan, belakang telinga, dan juga area kemaluan/alat kelamin.

Dan ingat, tali pusar harus selalu terjaga kekeringan dan kesterilannya. Cukup dibersihkan dan keringkan dengan handuk yang lembut, atau dengan mengipasnya menggunakan secarik kertas. Saat memakaikan popok, posisikan si kecil supaya tidak memutus tali pusar. Biarkanlah tali pusar tersebut jatuh dengan sendirinya. Biasanya tali pusar akan putus dengan sendirinya setelah 1-3 minggu.

Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan infeksi pada tali pusar, dan sebaiknya bunda perhatikan serius. Ciri-ciri tersebut berupa bengkak, kemerahan, si kecil nangis ketika tali pusarnya ditekan, bernanah dan berbau tidak biasa, serta diikuti demam pada si kecil. Jika hal-hal tersebut terjadi, sebaiknya segera bawa si kecil ke dokter untuk diperiksa.

Kepala Masih Lunak

Kondisi lainnya yang juga sering membuat bunda merasa khawatir saat akan memandikan si kecil adalah karena kepala si kecil masih lunak. Padahal, untuk memandikan si kecil dengan kondisi ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Bunda cukup mengusapnya secara perlahan-lahan saja dengan menggunakan sampo yang diformulasikan khusus untuk bayi, begitu pun dengan sabun.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Menderita Cacar Air

Cacar air memang bisa saja terjadi pada bayi yang baru lahir. Dan meskipun sedang mengalami cacar air, bunda juga tetap harus memandikan si kecil, supaya kebersihan tubuhnya tetap terjaga dan si kecil pun akan merasa nyaman dengan kondisi tubuhnya.

Cara memandikan si kecil yang sedang menderita cacar air juga perlu diperhatikan, yakni harus dengan hati-hati dilakukannya. Hal itu bertujuan supaya cacar air tersebut tidak pecah. Pasalnya, jika cacar air tersebut pecah, maka biasanya akan meninggalkan bekas luka pada tubuh si kecil nantinya.

Mengalami Flu dan Demam

Saat masih kecil, sistem kekebalan tubuh masih sangat lemah, sehingga si kecil pun sangat mudah untuk terserang penyakit, salah satunya adalah flu dan demam. Dan meskipun sedang pilek, si kecil juga tetap boleh dimandikan, dengan tidak lupa juga untuk menggunakan air yang tidak terlalu dingin.

Ketika si kecil sedang mengalami demam pun, hingga 40 derajat Celcius, bunda tetap bisa memandikan si kecil dengan cara dilap memakai spons yang dibasahi air hangat. Mandi air hangat juga dilakukan supaya suhu hangat air bisa menurunkan demam pada si kecil.

Takut Mandi

Si kecil sering kali ketakutan saat bunda akan memandikannya. Hal itu memang sudah biasa terjadi, meskipun memang belum bisa dijelaskan kenapa alasannya. Namun bunda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut biasanya akan berakhir seiring dengan bertambahnya usia si kecil. Dan untuk mengatasinya, bunda bisa mencoba memandikan si kecil sekalian dengan bunda sendiri. Atau cara lainnya yang bisa bunda coba adalah dengan membawa mainan sambil mandi, memijat si kecil saat mandi, berganti bak mandi, atau mengubah cara mandi agar menyenangkan.

Terlalu Pagi atau Malam

Banyak bunda yang menganggap kalau mandi terlalu pagi atau terlalu malam bisa mengundang penyakit pneumonia dan penyakit asma. Namun sebenarnya, hal tersebut tidak ada kaitannya sama sekali. Dan yang menyebabkan penyakit pneumonia sebenarnya adalah infeksi yang disebabkan mikroorganisme seperti bakteri, jamur dan virus. Sementara penyakit asma penyebabnya adalah reaksi sistem imun yang berlebihan terhadap berbagai iritan.

Baca Juga : Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering

One thought on “Bunda, Berhati-Hatilah Memandikan Bayi Baru Lahir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *