Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia

Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia

Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia

Seperti yang telah disampaikan pada artikel sebelumnya, kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia. Kulit melapisi seluruh tubuh menusia, dan kulit juga merupakan organ terluar tubuh pada manusia.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Berat kulit diperkirakan sekitar 7% dari berat total tubuh seseorang. Pada permukaan luar kulit terdapat rongga yang disebut pori-pori. Rongga ini menjadi tempat keluarnya keringat. Peranan kulit sangatlah penting pada tubuh manusia. Sebagai pelindung dari berbagai hal yang membahayakan, sebagai salah satu organ yang berperan dalam eksresi, sebagai alat indera peraba, sebagai pengatur suhu tubuh, dan masih banyak fungsi lainnya.

Perlu anda sadari, kulit merupakan organ yang dinamis, yang secara terus menerus akan mengalami perubahan selama seseorang itu hidup. Lapisan yang terdapat pada bagian dalam nantinya akan menggantikan lapisan luar yang habis tanpa disadari. Kulit masing-masing orang memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Karena hal itu tergantung pada jenis kelamin, usia, dan juga faktor-faktor yang lainnya. Pada pria, kulit mereka lebih tebal dibandingkan dengan kulit wanita. Sementara kulit anak-anak lebih tipis dibandingkan kulit pada orang dewasa.

Sementara berikut ini adalah struktur lapisan anatomi kulit manusia yang harus anda ketahui, yaitu diantaranya adalah :

1. Epidermis

Epidermis merupakan kulit ari, yaitu lapisan terluar kulit yang sangat tipis, yang memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari beragam zat kimia berbahaya yang terdapat di luar tubuh, melindungi tubuh dari sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari, serta melindungi tubuh dari bakteri. Lapisan epidermis ini juga terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya :

  • Lapisan tanduk (Stratum Corneum). Lapisan ini merupakan lapisan kulit yang paling luar. Dari lapisan ini yang paling tebal terletak pada telapak kaki dan paling tipis terletak pada pelupuk mata, pipi dan dahi. Baca Juga : Perawatan Yang Tepat Untuk Kulit Kering
  • Daerah rintangan (Stratum Lucidum). Lapisan ini menunjukkan berbagai daerah sawar. Lapisan ini hanya terlihat pada telapak tangan dan telapak kaki.
  • Lapisan seperti butir (Stratum Granulosum). Lapisan ini berperan aktif dalam proses keratinisasi, hanya saja mekanismenya belum diketahui jelas.
  • Lapisan sel duri (Stratum Spinosum). Lapisan yang satu ini disebut juga stratum Malpighi, yang terdiri atas beberapa lapis sel yang berbentuk poligonal, yang besarnya beragam karena adanya proses mitosis.
  • Lapisan sel basal (Stratum Germinativum). Lapisan ini merupakan lapisan epidermis paling bawah. Pada lapisan ini terdapat sel-sel yang membelah diri dan membentuk sel kulit baru yang selanjutnya akan bergeser ke lapisan lebih atas, sehingga suatu waktu akan menjadi lapisan tanduk.

Pada lapisan epidermis tidak terdapat pembuluh darah. Nutrisi serta pembuangan diperoleh dari lapisan dermis, yang diperoleh melalui saluran khusus yang membatasi epidermis dan dermis.

2. Dermis

Dermis menjadi lapisan berikutnya dibawah lapisan epidermis. Lapisan dermis ini merupakan anyaman serabut kolagen dan elastin yang memiliki peranan tanggung jawab terhadap sifat-sifat penting kulit. Ketebalan lapisan dermis mencapai 3-5 mm. Dan lapisan dermis ini mengandung pembuluh darah, pembuluh limfe, kelenjar keringat, kelenjar lemak (sebasea), gelembung rambut, otot dan serabut saraf.

Baca : Obat Herbal Psoriasis

Sebagai bagian dari struktur lapisan anatomi kulit, lapisan dermis memiliki fungsi utama mendukung lapisan epidermis dengan struktur yang lebih kompleks. Struktur tersebut antara lain meliputi pembuluh darah kapiler, serat retikular, serat elastis, serta serat kolagen. Selain itu, lapisan dermis mengandung pembuluh darah yang lebih besar bersama dengan ujung saraf, fibroblas, sistem limfatik, mastosit, dan lainnya. Lapisan dermis ini berperan penting terhadap elastisitas/kelenturan kulit dan mempertahankan kondisi kulit tetap prima.

3. Hipodermis

Hipodermis menjadi lapisan selanjutnya yang berada di bawah lapisan dermis. Lapisan ini memiliki fungsi melekatkan kulit dengan otot atau tulang, serta menyuplai pembuluh darah dan saraf. Lapisan hipodermis sendiri sebenarnya bukan lagi bagian dari lapisan kulit. Karena pada lapisan ini terdapat banyak lemak yang akan menjadi bantalan dan isolasi panas tubuh.

Seperti itulah struktur lapisan anatomi kulit manusia. Lapisan-lapisan tersebut memiliki fungsi dan juga peranan masing-masing yang sangat penting dan akan menunjang kelangsungan hidup seseorang juga. Untuk menjaga kulit tetap sehat, diperlukan asupan nutrisi yang baik untuk kulit, melalui makanan yang dikonsumsi, serta dengan rajin berolahraga, menjalani pola hidup sehat, dan juga menghindari makanan atau minuman yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga : Memiliki Kulit Kusam? Beginilah Cara Mengatasinya!

One thought on “Beginilah Struktur Lapisan Anatomi Pada Kulit Manusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *