Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Bagaimana cara mengatasi jerawat saat hamil? Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil ! Simak ulasannya berikut ini !

Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Ya, jerawat memang tidak hanya menyerang pria atau wanita yang tidak hamil, saat hamil pun wanita bisa terkena jerawat. Masalah yang satu ini memang sulit diajak kompromi. Dan mungkin bagi sebagian besar orang, masalah jerawat memang merupakan masalah yang cukup serius, karena jerawat sering membuat penderitanya merasa minder dan kehilangan kepercayaan diri, apalagi jika sampai jerawatnya banyak. Dan kondisi tersebut jelas mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Nah, pada tiga bulan pertama masa kehamilan, jerawat memang sering kali menyerang ibu hamil. Hal itu terjadi lantaran pada saat itu ibu hamil mengalami peningkatan hormon. Dan seperti yang mungkin sudah anda ketahui juga bahwa peningkatan hormon dapat memicu timbulnya jerawat pada ibu hamil. Namun anda ibu hamil tidak perlu khawatir, karena kami akan berbagi tips atau cara yang aman untuk mengusir tamu kecil yang menyebalkan tersebut.

Jerawat yang muncul pada ibu hamil dipengaruhi oleh oleh hormon androgen yang meningkat. Meningkatnya hormon androgen dapat merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak bernama sebum, dan sebum tersebut memicu munculnya jerawat ketika sebum bercampur dengan sel-sel kulit mati. Pertemuan sebum dengan sel kulit mati dapat menutup pori-pori kulit dan memicu bakteri berkembang cepat hingga menyebabkan jerawat.

Jerawat pada ibu hamil menjadi masalah yang cukup serius. Pasalnya, untuk mengatasi jerawat pada saat hamil tidak bisa sembarangan. Sebab, seperti kita ketahui, apa pun yang menyentuh tubuh ibu hamil akan ikut juga mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan, sehingga jerawat tidak bisa sembarangan diobati pada ibu hamil. Jadi, jika anda tengah hamil dan memiliki masalah jerawat, maka sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih obat jerawat, guna menghindari risiko bayi terlahir dengan kelainan.

Mengetahui Zat pada Obat Jerawat yang Aman dan Berbahaya

Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil, – Mungkin obat jerawat merk A sangat bagus untuk menghilangkan jerawat jika digunakan oleh orang yang tidak hamil, namun mungkin obat tersebut akan jadi berbahaya bagi ibu hamil jika terdapat kandungan zat yang tidak cocok dengan ibu hamil. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui zat apa pada obat jerawat yang aman bagi ibu hamil dan zat apa yang berbahaya pada obat jerawat bagi ibu hamil.

Zat Yang Aman

Beberapa ahli kesehatan merekomendasikan obat jerawat mengandung asam azelaic, eritromisin, benzoyl peroxide, clindamycin atau glycolic acid. Tingkat penyerapan zat-zat tersebut ke tubuh hanya sekitar 5%, sehingga zat-zat tersebut dipercaya tidak akan memberikan pengaruh buruk pada janin. Namun meski begitu, anda tetap harus berhati-hati dalam memilih obat jerawat. Sebab, tidak sedikit obat jerawat yang belum teruji keamanannya untuk dipakai oleh ibu hamil. Jadi, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan memilih obat jerawat. (Baca Juga : OBAT HERBAL PSORIASIS )

Zat Yang Terlarang

  • Isotretinoin

Zat ini sangat berbahaya ketika digunakan oleh wanita hamil karena bisa menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi yang dikandungnya. Bahkan karena sangat berbahaya, wanita yang sedang dalam masa subur harus menggunakan 2 jenis alat kontrasepsi, setidaknya sebulan sebelum dan sesudah menggunakan obat yang mengandung zat ini. Tes kehamilan juga diharuskan sebelum, saat, dan sesudah menggunakan obat yang mengandung zat ini.

  • Asam salisilat

Beberapa ahli menganjurkan untuk menghindari obat jerawat yang mengandung zat asam salisilat ini. Dan anda harus berhati-hati dalam memilih obat jerawat, karena zat ini banyak ditemukan pada obat-obat jerawat yang dijual bebas di pasaran.

  • Tetracyclines

Zat ini bisa menghambat pertumbuhan tulang janin dan mengubah warna giginya secara permanen. Ini termasuk antibiotik seperti doxycycline, tetracycline, dan minocycline.

  • Retinoid

Ini termasuk tretinoin, adapalene, dan tazarotene. Menurut beberapa penelitian, zat-zat tersebut memiliki tingkat penyerapan ke kulit yang tergolong rendah. Namun meski begitu, zat-zat tersebut tetap dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko bayi terlahir cacat. (Baca Juga : OBAT JANTUNG BOCOR )

Bahan Alami Untuk Obat Jerawat

Jika anda merasa ragu dan khawatir dengan obat jerawat berbahan kimia yang selama ini banyak di jual di pasaran, takut mempengaruhi janin yang ada dalam kandungan anda, maka anda tidak perlu khawatir, karena bahan-bahan alami berikut ini bisa anda gunakan sebagai solusi untuk mengatasi jerawat :

  • Soda kue

Kandungan pada soda kue bisa membuat kulit kering dan membantu proses penyembuhan jerawat. Cara membuat obat jerawat dari soda kue yaitu campur 1 sendok soda kue dan air hingga menjadi pasta. Oleskan pada jerawat dan biarkan hingga mengering sebelum dicuci.

  • Lemon

Zat alpha hydroxy acid (AHA) dapat ditemui di lemon. Jika dioleskan, zat pada lemon dapat membuang sel-sel kulit mati dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan manfaatnya, celupkan kapas pada perasan lemon. Oleskan pada jerawat, diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin.

  • Madu

Madu bisa menyejukkan kulit. Di dalamnya juga terdapat zat antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakannya yaitu cuci bersih wajah dengan air hangat, lalu oleskan madu ke area yang diinginkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Minyak kelapa murni

Minyak ini memiliki zat antijamur dan antibakteri yang dapat mengatasi jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menyejukkan kulit. Gunakan minyak kelapa ketimbang pelembap sebelum tidur.

Membersihkan wajah dengan benar juga harus anda terapkan. Jangan berlebihan mencuci wajah. Cukup dua kali saja sehari. Gunakan sabun atau pembersih wajah yang lembut. Gosok lembut dengan bantalan jari-jari tangan, jangan memakai handuk untuk menggosok kulit wajah anda. Lebih baik keringkan kulit dengan cara ditepuk ketimbang menggosoknya.

Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil, – Hindari juga kebiasaan memencet jerawat, karena kebiasaan tersebut bisa menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi jerawatnya.

Baca Juga :

Membersihkan Wajah dengan Benar Buat Anda Makin Cantik

Senam Wajah, Cara Mudah Mendapatkan Wajah Segar

Inilah Perawatan Kecantikan Sebelum Tidur

1 thought on “Beginilah Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Leave a Comment