Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit

Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit

Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit

Kulit adalah elemen terpenting dalam tubuh manusia. Banyak fungsi dari kulit bagi tubuh manusia. Kulit merupakan organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Fungsi utama kulit adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai hal yang dapat membahayakan. Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai alat indra peraba, sebagai salah satu organ yang berperan dalam eksresi, pengatur suhu tubuh, dan masih banyak lagi fungsi kulit bagi tubuh manusia.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Kulit menjadi salah satu organ tubuh yang paling harus dijaga kesehatannya, karena selain fungsinya yang penting terhadap tubuh, kulit juga membantu penampilan dari luar. Selain itu kesehatan kulit juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh dari dalam. Dan sadarkah anda, bahwa ternyata ada beberapa hal yang dapat merusak kulit, yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda sangka-sangka.

Dan berikut inilah beberapa hal yang ternyata bisa merusak kulit anda, antara lain :

Tidur Tanpa Membersihkan Make-Up Terlebih Dahulu

Banyak yang lupa atau bahkan mungkin sengaja tidur dengan kondisi wajah yang masih menggunakan make-up, entah itu karena terlalu lelah hingga ketiduran sebelum membersihkan bekas make-up atau malah sengaja karena malas untuk membersihkan bekas make-up sebelum tidur. Yang jelas tidur dengan kondisi masih menggunakan make-up pada wajah dapat menyebabkan infeksi bakteri dan pori-pori bisa tersumbat yang berakibat timbulnya jerawat. Selain itu, kotoran yang menempel pada bantal juga dapat membuat kulit kusam.

Terlalu Banyak Menggunakan Produk Kosmetik

Setiap wanita pasti berusaha untuk selalu menampilkan penampilan yang sempurna, berusaha tampil cantik. Entah itu untuk menarik perhatian lawan jenisnya atau untuk menyenangkan hati suaminya, bagi yang sudah menikah. Sehingga sering kali banyak wanita tak sadar terlalu berlebihan dalam memakai kosmetik hingga terlalu banyak produk yang dipakai. Padahal, hal itu jelas tidak baik bagi kesehatan kulit, karena bisa jadi kulit akan rusak karena tidak cocok.

Baca Juga : Kebiasaan Berikut Ini Justru Membuat Kulit Tambah Berminyak

Memecahkan Jerawat

Memiliki jerawat memang membuat siapapun risih dan akan greget untuk memecahkannya. Padahal setiap orang mungkin sudah tahu kalau jerawat itu sebaiknya tidak dipecahkan oleh kita sendiri, yakni dibiarkan kempis dengan sendirinya. Namun tak jarang mereka yang memiliki jerawat secara sengaja memecahkan jerawat tersebut demi tidak terlihat jelek dengan adanya jerawat tersebut. Jerawat hanya akan mendorong kotoran dan bakteri lebih dalam menuju ke pori-pori, sehingga membuat kulit anda mengalami infeksi dan lebih berjerawat lagi.

Banyak Minum Kopi

Bagi sebagian banyak pria, kopi adalah teman sejati yang selalu menemani dikala santai. Namun tentu mereka juga tahu kalau kopi tidak begitu baik bagi kesehatan, salah satunya adalah bagi kulit. Kafein pada kopi adalah penyebab utama kulit kering dan keriput. Jadi, sebiknya anda disarankan untuk minum air putih lebih banyak, atau menambah asupan buah. Jangan terlalu banyak minum kopi.

Sering Mandi dengan Air Panas

Di musim penghujan seperti sekarang ini, mandi dengan menggunakan air panas jelas sangat enak dan bisa bikin relaks.Ya, mandi dengan air panas memang bisa membuat fikiran rileks dan tenang. Namun ternyata dibalik manfaat tersebut air panas dapat merusak lapisan terluar dari epidermis yang membuat kulit bersisik dan kering. Ketika mandi air panas, kemudian kulit menjadi merah, segeralah berhenti.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Psoriasis

Kurang Asupan Vitamin dari Makanan

Seperti halnya organ tubuh lain, kulit juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin yang bagus untuk kulit seperti vitamin C, vitamin B3, serta vitamin E. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin apapun dapat membuat kulit anda mengalami penuaan dini dan kering.

Terlalu Banyak Klorin

Klorin adalah unsur yang umum di Bumi. Klorin sering digunakan untuk membersihkan air untuk minum dan kolam renang. Untuk itu, bagi anda yang memiliki hobi berenang, berhati-hatilah karena klorin yang terkandung dalam air kolam renang dapat melekat di kulit dan bereaksi dengan obat topikal, seperti cairan pembersih wajah dan lotion. Untuk menghilangkan klorin secara efektif, anda disarankan untuk menggunakan sabun dengan busa ekstra, setelah anda berenang.

Kurang Minum Air Putih

Air adalah sumber kehidupan, terutama air putih. Minum air putih yang cukup setiap hari sangat baik untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan kulit yang dapat membantu melawan penuaan dini dan membuat kulit tampak sehat berseri. Sebaliknya, jika kurang minum air putih dapat menyebabkan kulit kasar, dehidrasi dan keriput.

Nah, itulah Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit. Untuk itu, mulai dari sekarang, berhati-hatilah dengan hal-hal tersebut. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, aamiin…

Sumber: www.lifestyle.liputan6.com

Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit

Baca Juga : Perubahan Kulit Yang Sering Terjadi Saat Hamil

One thought on “Beberapa Hal Berikut Ternyata Bisa Merusak Kulit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *