Bahaya Sinar Ultraviolet Terhadap Kulit dan Kesehatan

Bahaya Sinar Ultraviolet Terhadap Kulit dan Kesehatan

Bahaya Sinar Ultraviolet Terhadap Kulit dan Kesehatan

Sinar ultraviolet merupakan bagian energi dari matahari. Sinari ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, dan di sisi lain, sinar ultraviolet juga memiliki dampak buruk bahkan berbahaya terhadap kulit dan juga terhadap kesehatan.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Manfaat dari sinar ultraviolet adalah sebagai vitamin D, yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat tulang dan gigi, serta membantu tubuh menjadi lebih kebal lagi terhadap penyakit, seperti kanker usus besar maupun penyakit rakitis. Vitamin D juga akan membantu tubuh suapaya lebih mudah menyerap kalsium. Namun, terlalu banyak terkena paparan sinar ultraviolet malah akan memberikan dampak yang buruk terhadap tubuh.

Sinar ultraviolet terbagi menjadi beberapa jenis, dan jenis sinar ultraviolet yang paling umum diketahui adalah ultraviolet A (UVA) serta ultraviolet B (UVB). Kedua jenis sinar ultraviolet tersebut akan memiliki dampak buruk terhadap kesehatan jika terpapar secara berlebihan.

Adapun dampak buruk yang akan mempengaruhi kesehatan tubuh yang mungkin terjadi adalah, seperti gangguan kesehatan pada mata, gangguan kesehatan pada kulit yang bersifat kronis maupun akut, misal : kulit terbakar sinar matahari atau eritema, serta mengalami gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Dalam jangka waktu yang lama, terkena paparan sinar ultraviolet secara berlebihan akan menimbulkan reaksi peradangan pada mata, fotodermatosis, keratosis aktinik, serta mengalami perubahan degeneratif pada sel kulit, pembuluh darah, dan juga jaringan fibrosa.

Baca Juga : Kulit Tangan Mengelupas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dan berikut inilah beberapa dampak dari sinar ultraviolet terhadap kesehatan berdasarkan jenisnya, yaitu antara lain :

#1. Dampak Sinar Ultraviolet A Untuk Kesehatan

Sinar ultraviolet A bisa menyebabkan kerusakan pada kulit untuk jangka waktu yang lama. Sebab, dari paparan sinar matahari, sebagian besarnya merupakan ultraviolet A. Dan sinar ultraviolet A tersebut bisa mengakibatkan beberapa kondisi kesehatan pada kulit seperti penuaan kulit, keriput, dan juga meningkatnya risiko terkena kanker kulit.

#2. Dampak Sinar Ultraviolet B Untuk Kesehatan

Sementara itu, sinar ultraviolet B yang bisa membantu tubuh untuk mendapatkan vitamin D, tetap saja memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Sinar ultraviolet B bisa mengakibatkan beberapa kondisi, seperti mata katarak, sunburn atau kulit terbakar matahari, serta kanker kulit. Intensitas sinar ultraviolet B juga akan meningkat di daerah dataran tinggi, berdekatan dengan ekuator, dan juga pada saat tengah hari.

Melindungi Kulit dari Dampak Sinar Ultraviolet

Seperti yang telah dikatakan di awal bahwa sinar ultraviolet memang tidak selamanya berdampak buruk terhadap kesehatan, karena ada manfaatnya juga. Namun, jika terkena paparan sinar ultraviolet secara berlebihan tetap saja akan berdampak buruk terhadap kulit dan juga kesehatan lainnya seperti mata.

Baca Juga : Obat Herbal Psoriasis

Nah, oleh karena itu, beberapa cara harus dilakukan untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet. Dan beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah :

  • Gunakanlah tabir surya dengan minimal SPF 15, yang bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet A dan ultraviolet B. Dan pilihlah tabir surya yang berlabel “broad-spectrum” pada bagian kemasannya. Dan gunakanlah tabir surya tersebut ketika 15 menit sebelum kulit terkena paparan sinar matahari, serta gunakan kembali tabir surya tersebut setelah sekitar 1 jam pemakaian.
  • Jangan sampai kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Caranya, bisa dengan mengenakan pakaian yang tertutup untuk melindungi kulit dari sinar matahari secara langsung. Seperti baju lengan panjang, celana panjang, atau dengan menggunakan topi dengan tepian yang lebar.
  • Jauhi terkena paparan matahari pada waktu tertentu dengan sebisa mungkin tidak keluar rumah atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari pada jam 10 siang hingga jam 2 siang.
  • Gunakanlah kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan langsung sinar matahari, karena itu bisa melindungi mata dari sinar ultraviolet.

Itulah beberapa bahaya dari sinar ultraviolet terhadap kulit dan juga terhadap kesehatan lainnya. Tapi ingat, sinar ultraviolet juga memiliki manfaatnya untuk kesehatan. Jadi, jangan sampai menghindarinya sama sekali.

Baca Juga : Macam-Macam Jenis Kulit dan Cara Merawatnya

One thought on “Bahaya Sinar Ultraviolet Terhadap Kulit dan Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *