Apakah Kulit Berminyak Masih Perlu Pakai Pelembab?

Apakah Kulit Berminyak Masih Perlu Pakai Pelembab?

Apakah Kulit Berminyak Masih Perlu Pakai Pelembab? Itulah salah satu pertanyaan yang mungkin banyak dipertanyakan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Ya, mereka yang memiliki kulit berminyak biasanya sering bingung, apakah masih perlu menggunakan pelembab atau tidak. Karena sebagian dari mereka umumnya khawatir jika pelembab akan membuat kulit mereka malah semakin berminyak. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Apakah Kulit Berminyak Masih Perlu Pakai Pelembab?

Kulit yang berminyak membuat banyak orang resah, dan mungkin hampir setiap orang tidak ingin memiliki kulit yang berminyak. Dan satu anggapan yang cukup keliru mengenai kulit berminyak ini, dan mungkin anda termasuk salah satunya, bahwa banyak yang mengira kalau kondisi wajah yang berminyak tidak perlu lagi memakai pelembab. Padahal, sebenarnya tidak hanya kulit kering saja yang perlu pelembab ekstra.

Kulit berminyak terjadi karena aktivitas berlebih kelenjar minyak. Hal ini terutama terkait dengan faktor hormonal. Karena itu semakin kita menua, produksi minyak juga menurun seiring dengan penurunan hormon. Namun, perlu diketahui bahwa minyak yang terbentuk di permukaan kulit tidaklah sebanding dengan tingkat hidrasi kulit. Minyak tidak selalu melembabkan dan kulit berminyak jelas tidak membuat kulit menjadi lebih halus atau kenyal.

Pada prinsipnya, kulit harus selalu terhidrasi dengan baik, tak terkecuali bagi kulit berminyak. Salah satu cara agar kulit tidak dehidrasi adalah dengan penggunaan pelembab. Memang terkesan sangat kontradiktif untuk mengoleskan pelembab di atas kulit yang kelihatannya sudah ‘lembab’ karena berminyak. Faktanya, pelembab dapat menolong kulit yang berminyak.

Banyak yang berusaha mengatasi minyak di permukaan kulit dengan lebih sering mencuci wajah. Ternyata mencuci wajah hanya menghilangkan minyak di permukaan, namun tidak menghidrasi kulit sehingga permukaan kulit menjadi kering, dan justru akan membuat kelenjar minyak di bawah permukaan kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Jadi, pelembab masih tetap diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan di permukaan kulit.

Selain itu, kandungan enzim alamiah di kulit membantu kulit mati mengelupas secara teratur. Bila kulit kering, enzim ini tidak dapat bekerja dengan baik dan menyebabkan kulit mati menumpuk sehingga kulit menjadi kasar dan kusam. Karenanya, pelembab masih tetap dibutuhkan oleh kulit berminyak sekalipun supaya tetap sehat, halus, dan cerah.

Pelembab yang tepat tidak hanya dapat membantu mengurangi produksi sebum. Tekstur kulit juga dapat menjadi lebih baik.

Semua sel di tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan baik, termasuk sel kulit. Minyak yang diproduksi oleh kulit tidak bisa disetarakan dengan tingkat hidrasi kulit atau kadar air di kulit. Jadi, kulit berminyak belum tentu memiliki kadar air yang cukup. Namun sebaliknya, bila kulit memiliki kadar air yang cukup, dengan sendirinya kulit akan menjadi lebih lembab. Berbeda dengan lembab karena berminyak, lembab karena kecukupan kadar air ini dapat dipertahankan dengan menggunakan pelembab yang tepat.

Menggunakan pelembab yang tepat akan membantu menjaga kecukupan kadar air di dalam kulit. Hal ini memungkinkan proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan baik dan kulit menjadi lebih halus.

Lalu, pelembab seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk kulit berminyak? Pilihlah pelembab yang memiliki label oil-free. Meskipun, beberapa pelembab yang memiliki minyak juga masih dapat digunakan untuk kulit berminyak. Contohnya tea tree dan minyak jojoba. Keduanya memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap tanpa menimbulkan rasa lengket. Sementara itu, hindari memilih pelembab yang memiliki kandungan parafin, dimetikon, lanolin, atau petroleum. Pelembab dengan kandungan tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan rasa lengket.

Jadi, Apakah Kulit Berminyak Masih Perlu Pakai Pelembab? Masih, kulit yang berminyak masih perlu memakai pelembab, dan ada tips dalam memilih pelembab yang tepat untuk jenis kulit berminyak, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga informasinya bermanfaat dan bisa membantu, aamiin.

Posted by : Admin OBAT HERBAL PSORIASIS

 

Baca artikel menarik lainnya :

Benarkah Minyak Zaitun Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit?
Benarkah Minyak Zaitun Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit?
Menjaga Kecantikan Kulit Remaja Dengan 3 Nutrisi
Menjaga Kecantikan Kulit Remaja Dengan 3 Nutrisi
Mau Kulit Cantik dan Sehat? Konsumsi Makanan Ini!
Mau Kulit Cantik dan Sehat? Konsumsi Makanan Ini!
Cukup Tidur Membuat Wanita Terlihat Lebih Cantik
Cukup Tidur Membuat Wanita Terlihat Lebih Cantik
Cara Menghilangkan Jerawat Berikut Ini Hanyalah Mitos
Cara Menghilangkan Jerawat Berikut Ini Hanyalah Mitos
Ini Akibatnya Bila Area Kewanitaan Mengalami Iritasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *