Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit?

Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit?

Memiliki kulit sehat memang tidak mudah, berbagai kerusakan kulit mengintai setiap orang. Lalu Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit? Mari kita simak jawabannya dalam pembahasan beriku ini!

Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit?

Salah satu hal yang paling ditakuti adalah terjadinya penuaan dini. Saat ini, tidak jarang jika banyak orang, terutama wanita, berhati-hati untuk mendapatkan kesehatan kulit yang optimal. Sayangnya, perawatan kulit belum tentu membawa hasil yang penting. Untuk melindungi kesehatan kulit, hal utama yang harus dilakukan adalah mencegah kerusakan kulit.

Mengetahui penyebab kerusakan kulit bisa mencegah garis-garis halus dan kerutan seperti kerusakan kulit pada kulit.

Penyebab utama yang membuat kulit rusak

Beberapa penyebab kerusakan pada kulit Anda adalah sebagai berikut :

  • Paparan sinar matahari

Kulit menciptakan vitamin D di tubuh yang menggunakan sinar matahari dan berperan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sayangnya, paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat benar-benar merusak kesehatan Anda. Kulit Anda mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet, namun saat terkena sinar ultraviolet, pigmen melanin yang berlebihan justru membuat kulit lebih gelap.

Sinar ultraviolet menembus ke lapisan luar kulit dan lapisan yang lebih dalam, dan sinar ultraviolet dapat merusak atau membunuh sel kulit. Padahal, paparan radiasi ultraviolet untuk waktu yang lama bisa meningkatkan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, untuk melindungi Cooley dari paparan sinar UV, tolong batasi paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi sampai 2 siang atau gunakan tabir surya pada waktunya. (Baca Juga : OBAT HERBAL PSORIASIS)

  • Radikal bebas

Radikal bebas adalah zat yang selalu menabrak dinding sel kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif akibat proses oksidasi. Radikal bebas bisa menembus DNA dan menyebabkan kanker kulit. Faktanya, radikal bebas tidak bisa menembus DNA, namun radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini dan kulit kusam, kemungkinan merusak kulit.

Karena itu, untuk mencegah radikal bebas, Anda suka mengonsumsi makanan yang mengandung buah beri, brokoli, wortel, bayam, dan antioksidan seperti ini. Dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan, Anda bisa memurnikan radikal bebas di tubuh dan menunda kerusakan kulit dan proses penuaan.

  • Kurang konsumsi cairan

Air membantu tubuh Anda menumbuhkan sel dan menghasilkan kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit. Karena itu, jika tubuh Anda mengalami dehidrasi atau dehidrasi, kulit kering menjadi terlalu dini dan menjadi rentan terhadap jerawat, infeksi dll. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada kulit dianjurkan mengkonsumsi setidaknya 8 cairan per hari.

  • Kurang tidur

Aktivitas padat seringkali tidak mempersingkat waktu tidur Anda. Padahal, kurang tidur menginduksi tampilan lingkaran gelap di bawah mata dan nampaknya selalu lelah, jadi kurang tidur adalah salah satu penyebab kerusakan kulit. Oleh karena itu, tidur adalah salah satu proses penting untuk merevitalisasi kulit Anda, jadi dianjurkan untuk tidur secukupnya dan perlu seperlunya. (Baca Juga : Obat Herbal Dispepsia)

  • Merokok

Merokok mengurangi jumlah nutrisi dan oksigen yang masuk ke dalam kulit Anda karena menyempit pembuluh darah Anda. Akibatnya, kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi sulit sembuh saat terluka.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kadar estrogen pada hormon wanita, dan kulit Anda akan membuat kulit Anda tampak lebih kusam dan menyebabkannya menjadi kering sehingga stretch mark dan keriput, rendah. Bahkan dalam kaitannya dengan kesehatan mulut, merokok bisa membuat gigi Anda berwarna kuning dan hitam.

Pada akhirnya, hal yang harus Anda ingat adalah bahwa kulit Anda mencerminkan keseluruhan kesehatan Anda. Karena itu, Anda perlu melindungi diri dari berbagai penyebab kerusakan kulit, termasuk konsumsi makanan sehat dan bergizi, istirahat yang tepat, olahraga rutin, dan hindari stres.

Jadi, Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit? Itulah jawabannya yang telah dipaparkan dalam pembahasan di atas. Semoga menjadi manfaat dan menambah pengetahuan, hingga Anda mampu melakukan perawatan agar kulit sehat dan miliki kulit cantik dan sehat.

Baca Juga :

Ladies, Inilah Makanan yang Bisa Bikin Kulit Mulus dan Sehat

Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah dengan Mudah

Punya Masalah Jerawat? Jangan Lupakan Dua Nutrisi Penting Ini!

1 thought on “Apa Saja Faktor Utama yang Menyebabkan Kerusakan Kulit?

Leave a Comment