Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi

Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi

Proses penuaan pada kulit merupakan proses alami yang tidak bisa dihindari setiap orang. Tapi jika Anda menjalankan pola hidup sehat, maka kulit Anda bisa awet muda. Nah, Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi dan dijadikan menu makan sehat Anda. Mari kita simak pembahasannya berikut ini !

Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi

Memiliki kulit yang sehat serta awet muda tentu sangat diidamkan oleh setiap orang, baik wanita maupun pria sekalipun. Dengan memiliki kulit yang sehat dan awet muda, siapapun bisa merasa lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan. Menjalankan pola hidup sehat salah satunya dengan mengkonsumi makanan-makanan sehat yang tepat merupakan salah satu kunci penting untuk bisa memperoleh kulit yang sehat dan awet muda. Pasalnya, kulit juga memerlukan asupan nutrisi yang bisa membuatnya tetap sehat dan awet muda. Nah, asupan nutrisi tersebut bisa didapatkan dari makanan yang dikonsumsi. Jika makanan yang dikonsumsi tidak sehat, maka kesehatan kulit pun bisa terganggu dan bisa cepat mengalami penuaan.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kulit yang Gatal Tanpa Menggaruk

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang terbukti mampu menjadikan kulit senantiasa sehat dan nampak awet muda, diantaranya :

  • Sayuran

Sayuran memang merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk tubuh secara menyeluruh, tidak hanya untuk kulit saja. Mengkonsumsi sayuran dapat menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Jenis sayuran yang tepat dipilih untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit awet muda adalah kembang kol, lobak, brokoli, kangkung, bayam, selada air, daun singkong, dan daun pepaya muda. Sayuran-sayuran tersebut mengandung zat besi, vitamin, mineral, serta serat yang tinggi, yang dapat memblokir racun-racun di dalam tubuh dan ampuh mencegah degenerasi sel-sel kulit penyebab munculnya kerutan halus disekitar wajah dan bagian leher.

  • Buah-Buahan

Selain sayuran, buah-buhan juga menjadi makanan sehat untuk tubuh secara menyeluruh, termasuk untuk kesehatan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, buah-buahan bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi jus yang bisa digabungkan antara satu buah dengan buah lainnnya. Namun jika Anda ingin menggabungkan dua atau lebih jenis buah untuk dikonsumsi, Anda tidak boleh asal atau sembarangan menggabungkan dua jenis buah yang berbeda, karena ada aturan tertentu guna untuk meningkatkan kualitas nutrisi yang ada didalamnya dan meningkatakan citarasa yang tepat di lidah.

Buah-buahan yang digabungkan untuk dikonsumsi dapat meningkatkan jumlah nutrisi yang akan kita peroleh untuk kesehatan sel-sel tubuh dan merawat kulit dari dalam. Buah yang bagus dimakan untuk kulit adalah yang mengandung vitamin A, C, E, Likopen, Betakaroten, Serat, Mineral dan zat antioksidan yang dapat bertindak sebagai pertahanana tubuh terhadap serangan radikal bebas penyebab penuaan, yang efektif membantu memperlambat penuaan dini, menstabilkan kolagen dalam lapisan kulit, mencegah degenerasi sel-sel kulit sehingga bebas dari keriput, kendur dan kusam.

Buah yang bagus untuk kesehatan kulit antara lain adalah alpukat, pepaya, mangga, apel, nanas, apel, jeruk, anggur merah, pir, stroweberry, semangka, jambu biji, tomat, wortel, dan mentimun.

Baca Juga : Merawat Kulit Bayi dengan Tips Perawatan Berikut Ini

  • Jenis Daging Hewan

Tidak hanya buah dan sayuran, berbagai jenis hewan juga memiliki nutrisi yang tinggi kandungan protein, asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit, menjaga sel kulit tetap muda, sebagai pasokan energi, menjaga sistem jaringan lunak dan lain lain. Jenis daging hewan merupakan salah satu makanan sehat untuk kulit awet muda yang sangat dianjuran ahli kecantikan untuk wanita yang berusia antara 18 hingga lanjut usia dimana porsinya tetap harus dijaga dengan baik, tidak boleh berlebihan.

Dan berikut ini adalah jenis daging hewan yang menjadi makanan sehat untuk kulit awet muda, yaitu :

  • Jenis ikan, yaitu ikan salmon, ikan tuna, bandeng, ikan mas, gurame, tongkol, dan lain-lain.
  • Jenis hewan laut, seperti kerang, tiram, cumi-cumi, kepiting, teripang, dan udang lobster.
  • Jenis daging unggas tanpa kulit, seperti ayam, bebek, kalkun, itik, angsa, dan jenis burung.
  • Jenis daging hewan besar, seperti sapi, kambing, unta, kerbau, rusa, kijang  dan lain lain.

Namun jenis daging hewan tersebut hanya berlaku bagi orang orang yang tidak memiliki alergi atau pantangan terhadap makanan-makanan tersebut. Jadi, jika Anda alergi terhadap makanan tersebut, atau makanan tersebut pantang Anda konsumsi, maka sebaiknya hindari saja, karena Anda masih bisa memilih buah atau sayuran untuk makanan sehat kulit awet muda yang sudah disebutkan di atas.

  • Camilan

Beberapa makanan camilan juga bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk kulit awet muda, seperti :

  • Yogurt, karena camilan ini mengandung bakteri baik yang bisa dijadikan detoksifikasi dan melindingi jaringan tubuh, termasuk menjaga sel-sel kulit agar tetap sehat.
  • Cokelat, bisa cokelat susu, cokelat hitam atau cokelat jenis apa saja. Karena dapat memperbaiki suasana hati atau mood dan menjaga kolagen kulit. Cokelat juga mengandung vitamin E, mineral dan antioksidan yang bisa menjaga kemulusan kulit.
  • Jenis kacang kacangan. Bisa dibuat menjadi bubur (kacang hijau), kedelai rebus, kacang mete sangrai atau almond yang bisa dimakan bersama roti yang terbuat dari gandum, sehingga nilai gizinya lebih tinggi.

Baca Juga : Mengatasi Kulit Terbakar Matahari dengan Minyak Esensial

  • Jenis Rempah atau Bumbu

Siapa bilang jika bumbu dapur yang biasa digunakan untuk meningkatkan citarasa sebuah masakan tidak dapat dijadikan makanan sehat untuk kulit awet muda? Di dalam bumbu misalnya, terdapat vitamin, zat anti-kanker, anti-bakteri dan anti-penuaan yang dapat melawan penyebab degenerasi kulit dan memperbaiki  kerusakan kulit yang dibuat oleh bahaya sinar matahari, seperti flek hitam, jerawat, kulit kering berisik, kerutan halus atau masalah pigmentasi.

Rempah atau bumbu masakan dapat mendukung peremejaan sel kulit dari dalam tubuh, di mana kekenyalan kulit dari luar dan kekencangan kulit dari dalam akan mudah terwujud ketika bumbu masakan diaplikasikan sebagai makanan sehat ubtuk kulit awet muda.

Jenis rempah atau bumbu yang bagus untuk kesehatan kulit dan membuat kulit awet muda antara lain adalah : rimpang jahe, kunyit kuning, kunyit putih, temulawak, kayu manis, temu ireng, rimpang kencur, dan bawang putih (dikukus lalu dimakan).

Itulah pembahasan mengenai “Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi”. Jadi, jika Anda ingin memiliki kulit awet muda dan tentunya sehat, maka jenis makanan-makanan yang disebutkan di atas bisa Anda masukkan ke dalam menu makan Anda. Rasakan sendiri manfaat dan khasiatnya !

Baca Juga : Obat Kulit Belang

Posted by : Admin OBAT HERBAL PSORIASIS

One thought on “Agar Kulit Awet Muda, Berikut Makanan Yang Tepat Dikonsumsi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *